Pantes Maling Nekat Beraksi di Tol Cipali, Harga Ban Truk Botak Aja Bikin Untung Sebanyak Ini

M. Adam Samudra,Naufal Nur Aziz Effendi - Minggu, 9 Januari 2022 | 12:00 WIB

Aski pencurian ban serep truk terekam kamera terjadi di Tol Cipali pada Rabu (5/1/2022) (M. Adam Samudra,Naufal Nur Aziz Effendi - )

Otomania.com - Pantes maling nekat beraksi di Tol Cipali, harga ban truk botak aja bikin untung sebanyak ini.

Aksi pencurian ban serep truk terekam kamera terjadi di Tol Cipali yang berlokasi di Rest Area KM 102, Rabu (5/1/2022).

Video rekaman dua orang pencuri ban tersebut diunggah akun Instagram @romansasopirtruck hingga viral di media sosial.

Terkait maraknya aksi pencurian ban truk, Bambang Widjanarko, Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DIY angkat suara.

"Ban Serep adalah komponen Truk yang paling gampang dicuri, maka sering terjadi kasus pencurian Ban Serep, selain pencurian Accu dan Dinamo," kata Bambang kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Bambang menjelaskan, pada dasarnya para pelaku tersebut mengetahui ban mana yang layak dicuri maupun yang tidak layak dicuri.

"Casing ban yang sudah botak sekali pun masih tetap ada harganya sekitar Rp 300.000,- sampai Rp 500.000,- sebagai bahan Vulkanisir, asal belum pernah tertusuk benda tajam dan belum pernah termakan sampai ke kawat atau benangnya," bebernya.

Jika ban serep adalah berupa ban ori keluaran pabrik yang masih tebal telapaknya, tentu saja akan sangat menarik perhatian pencuri.

Bambang mengatakan, aksi pencurian ban truk ini biasanya dilakukan pada saat keadaan gelap atau malam hari.

Baca Juga: Ternate Mencekam, ODGJ Bawa Truk Es Krim Seruduk Semua Pengendara di Depannya, Dikerjar Pemotor bak Film Laga