Tenang Aja Meski Bensin Premium dan Pertalite Dihapus, BBM Terjangkau Harga Rp 5.150 per Liter Ini Alternatifnya

Parwata,Aong - Rabu, 29 Desember 2021 | 13:00 WIB

Ilustrasi bensin Premium dan Pertalite yang akan dihapus digantikan Pertamax dan ada BBM cuma Rp 5.150 (Parwata,Aong - )

Otomania.com - Tenang aja meski bensin Premium dan Pertalite dihapus, BBM terjangkau harga Rp 5.150 per liter ini alternatifnya.

Bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Pertalite pelan namun pasti akan terjadi akan dihapus karena mengikuti regulasi.

Proses penghapusan jenis Premium dan Pertalite telah dimulai sejak 2 tahun yang lalu.

Yakni, mulai tahun 2019 lalu, penggunaan Premium dan Pertalite terus dikurangi sesuai rencana tersebut.

Baca Juga: Berkaca dari Petugas SPBU di Bintaro yang Curangi Konsumen, Beli Bensin Sebaiknya Berpatok Rupiah atau Liter?

Nantinya, dengan dihapusnya bensin Premium dan Pertalite yang akan dijual di SPBU Pertamina, hanya Pertamax dan Pertamax Turbo.

Strategi bensin Premium dan Pertalite dihapus, sesuai Peraturan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/3/2017.

Dalam beleid itu, pemerintah menetapkan BBM tipe euro 4 atau setara BBM oktan 91 ke atas mulai tahun 2019 secara bertahap hingga 2021.

Namun bensin oktan 91 misalnya Pertamax harganya lumayan mahal mencapai Rp 9.000 per liternya.

Baca Juga: Gara-gara Pertalite Tercampur Solar, Banyak Motor Baru Isi Bensin Langsung Mogok, Pengelola SPBU Lakukan Hal Ini