Wajib Bangga, Spek Aspal Sirkuit Mandalika Terbaik di Dunia, Pembalap Lebih Sulit Jatuh Berkat Teknologi Ini

Naufal Nur Aziz Effendi - Rabu, 17 November 2021 | 11:00 WIB

wajib bangga, spek sirkuit Mandalika salah satu yang terbaik di dunia, pembalap lebih sulit jatuh berkat teknologi ini (Naufal Nur Aziz Effendi - )

Otomania.com - Wajib bangga, spek aspal sirkuit Mandalika terbaik di dunia, pembalap lebih sulit jatuh berkat teknologi ini.

Sirkuit Mandalika atau dikenal dengan nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit, akan menggelar balapan perdananya yakni WorldSBK Indonesia 2021 dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 mulai Jumat (19/11) sampai Minggu (21/11).

Jelang perhelatan balapan kelas dunia tersebut, Otomania.com mau berbagi fakta menarik soal sirkuit jalan raya yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut.

Sirkuit Mandalika ini rupanya dibekali dengan teknologi aspal canggih yang tidak semua sirkuit di dunia memilikinya.

Baca Juga: Buntut Warga Lokal Mogok Kerja, Sirkuit Mandalika Impor Marshal Profesional dari Malaysia

Maka dari itu, Pertamina Mandalika International Street Circuit bisa dibilang sebagai sirkuit yang teknologinya paling maju di dunia.

Melansir dari unggahan akin Instragram Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), teknologi aspal yang digunakan yakni Stone Mastic Asphalt (SMA), yang merupakan campuran aspal untuk melapisi permukaan atas aspal.

Tujuannya, memperkuat struktur lapisan permukaan dengan prinsip kontak stone by stone. Sehingga volume aspal yang dipergunakan pun menjadi kecil.

Saat ini baru ada tiga sirkuit dengan teknologi SMA yaitu Silverstone di Inggris, Yas Marina di Abu Dhabi, dan Phillip Island di Australia. Jadi, Sirkuit Mandalika menambah daftarnya menjadi yang ke-4 di dunia.

Baca Juga: Jelang WorldSBK Indonesia 2021, Pohon di Area Sirkuit Mandalika Ditebang, Penyebabnya Bikin Geleng Kepala