Baru Nih, Pertamina Resmi Operasikan SPBU Warna Hijau, Apa Beda Dengan SPBU Merah dan Biru?

Parwata - Kamis, 2 September 2021 | 09:30 WIB

SPBU Pertamina warna Hijau resmi beroperasi. Apa bedanya? (Parwata - )

Otomania.com - Baru Nih, Pertamina Resmi Operasikan SPBU Warna Hijau, Apa Beda Dengan SPBU Merah dan Biru?

Pertamina memperkenalkan SPBU dengan konsep baru, yakni SPBU "Hijau" yang berbeda dengan yang sudah ada.

SPBU "Hijau" tersebut diperkenalkan oleh PT Pertamina (Persero) melalui Sub Holding Commercial & Trading atau Pertamina Patra Niaga.

Untuk tahap awal, ada 76 SPBU berkonsep ramah lingkungan yang disebut Green Energy Station (GES) mulai beroperasi.

Baca Juga: Jelas Toilet di SPBU Gratis, Tapi Kok Ada Kotak Uang? Pertamina Kasih Penjelasan

Oleh Pertamina Patra Niaga peluncuran GES ini, untuk mempercepat transisi energi, dari energi fosil menuju energi ramah lingkungan.

Berbeda dengan SPBU pada umumnya, GES menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sebagai salah satu sumber energi mandiri dan ramah lingkungan.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, PLTS memberikan dampak yang cukup signifikan untuk mengurangi polusi, efek rumah kaca, dan efisiensi biaya operasional SPBU.

"Untuk SPBU dengan kapasitas Solar PV 6.3 Kwp, rata-rata penghematan per bulannya sekitar 12,5 persen dari total penggunaan listrik untuk operasional," kata dia dalam keterangannya, Selasa (31/8/2021).

Selain itu, GES juga menawarkan layanan yang tidak dimiliki oleh SPBU pada umumnya.

Yakni stasiun pengisian kendaraan listrik imum (SPKLU) atau charging station dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU).

IG @Pertamina
SPBU Pertamina warna Hijau resmi beroperasi. Apa bedanya?

TAK JUAL SOLAR dan PREMIUM

"Ini adalah dukungan kami untuk memperkuat dan mempercepat penyiapan ekosistem hilir kendaran bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Indonesia," ujar Alfian.

"Saat ini sudah tersedia lima charging station di SPBU Fatmawati II, SPBU MT Haryono, SPBU Lenteng Agung, SPBU Kuningan, dan SPBU Soekarno Hatta yang masih bisa dinikmati tanpa biaya," tambahnya.

Baca Juga: Banyak Yang Curiga, Takaran Bensin Berkurang Karena Petugas SPBU Mainkan Handle Dispenser, Padahal Konsumen Malah Untung!