Jangan Isi Bensin Saat Truk Tangki Sedang Bongkar BBM di SPBU, Bensin Jadi Kotor? Pertamina Jelaskan Begini

Parwata,Muslimin Trisyuliono - Kamis, 12 Agustus 2021 | 08:08 WIB

SPBU Pertamina (Parwata,Muslimin Trisyuliono - )

Otomania.com - Benarkah Sebaiknya Jangan Mengisi Dulu Saat Truk Tangki Sedang Bongkar BBM di SPBU, Pertamina Jelaskan Begini

Ada saja mitos di kalangan masyarakat terkait dengan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU)

Salah satu mitos tersebut adalah, sebaiknya jangan mengisi dulu saat truk tangki sedang bongkar BBM di SPBU.

Mitos tersebut cukup ramai diyakini kebenarannya, sebagai asumsinya adalah endapan atau kotoran di dasar tangki penyimpanan SPBU dan truk akan naik saat tangki diisi.

Baca Juga: Banyak Yang Curiga, Takaran Bensin Berkurang Karena Petugas SPBU Mainkan Handle Dispenser, Padahal Konsumen Malah Untung!

Sehingga dikhawatirkan kotoran akan ikut tersedot pompa dan masuk ke dalam tangki bahan bakar kendaraan.

Apakah anggapan tersebut benar?

Dijelaskan oleh Putut Andriatno selaku Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial and Trading.

"Secara teori benar. Potensi itu ada tergantung beberapa hal, pertama kondisi filter, banyaknya kotoran di dasar tangki dan volume BBM di dalam tangki," ujar Putut, Rabu (11/08/2021).

Karenanya, Putut menjelaskan biasanya SPBU akan menghentikan operasional sementara dispenser yang terhubung dengan tangki penyimpanan saat truk tangki membongkar BBM.

Namun, Putut juga menambahkan tidak menutup kemungkinan bahwa SPBU tetap membuka operasional dengan mempertimbangkan beberapa hal.