Harga Janda Bolong Menggila, Dituker Mobil Pikap Bekas Masih Kembalian, Pilihannya Banyak

Adi Wira Bhre Anggono,Rudy Hansend - Kamis, 8 Oktober 2020 | 16:00 WIB

Ilustrasi Daihatsu Gran Max Pikap bekas (Adi Wira Bhre Anggono,Rudy Hansend - )

 

Otomania.com - Tren tanaman Monstera Adansonii Variegata alias janda bolong memang bikin gelang-geleng harganya.

Harganya terbilang fantastis, bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Dikutip dari Kompas.com, Josh (30) yang merupakan penjual tanaman mengatakan bibit tanaman Janda Bolong dijual paling murah seharga Rp 2 juta-Rp 3 juta.

Alasan lain mengapa monstera booming di masyarakat lantaran adanya cerita mengenai seorang petani di daerah Bogor yang berhasil menjual tanamannya kepada orang Jepang dengan harga mencapai Rp 120 juta.

"Tadinya monstera jenisnya masih sangat langka di Indonesia. Nah dia punya jenis Variegata. Kemudian ada orang Jepang beli tanamannya sekitar 120 juta, hanya 6 daun," kata Josh kepada Kompas.com, Rabu (30/9/2020).

Baca Juga: Video Pikap ODOL Gagal Nyalip, Oleng Senggol Bus Sampai Menghadap Langit

 

Kolase/ KOMPAS.COM-Dian Reinis Kumampung/ Kontan.co.id
Tanaman hias Janda Bolong atau Monstera adansonii (kiri) dan Monstera adansonii variegata. Saat ini tengah jadi trending topic di media sosial Janda Bolong, jangan salah, ini lho penampakan tanaman hias yang harganya mencapai jutaan rupiah.

Dari sana lah popularitas janda bolong merangkak naik. Walaupun dalam penentuan harga ada banyak faktor, salah satunya seperti kondisi bentuk dan warna daun.

Sementara itu Dosen Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran (Unpad) Syariful Mubarok menyebutkan, harga tanaman ini melambung naik bukan karena teknik budidaya yang sulit.

Nilai jual Janda Bolong yang mencapai ratusan juta saat ini merupakan bentuk dari permainan harga.

“Ini hanya sebatas dari permainan dagang atau harga untuk tanaman hias,” kata Syariful, Rabu (28/9/2020), dikutip dari Kompas Lifestyle.