Enggak Nyangka, Kredit Mobil dan Motor Listrik Bebas DP Mulai Hari Ini!

Adi Wira Bhre Anggono - Kamis, 1 Oktober 2020 | 17:50 WIB

Tesla Model 3, jadi salah satu mobil listrik di Indonesia (Adi Wira Bhre Anggono - )

Otomania.com - Kabar baik, mulai hari ini pembelian motor dan mobil listrik secara kredit dibebaskan uang mukanya.

Bank Indonesia (BI) resmi menurunkan batasan minimum uang muka alias down payment (DP) kendaraan bermotor berwawasan lingkungan menjadi nol persen pada hari ini, 1 Oktober 2020.

Langkah tersebut diambil dengan tujuan untuk merangsang permintaan kredit di tengah pandemi Covid-19, sekaligus mendukung upaya Pemerintah dalam melaksanakan program percepatan kendaraan listrik di dalam negeri.

"Kebijakan penyesuaian ini juga bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," kata Direktur Eksekutif sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam keterangan resmi.

Baca Juga: Asik Nih, Aturan Konversi Motor Konvensional Jadi Listrik Nyaris Disahkan

Adapun relaksasi ini resmi berlaku dengan diterbitkannya Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 22/13/PBI/2020 tentang Perubahan Kedua atas PBI No. 20/8/2018 tentang Rasio LTV untuk Kredit Properti, Rasio FTV untuk Pembiayaan Properti, dan Uang Muka untuk Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PBI LTV/FTV dan Uang Muka).

Beleid itu diterbitkan sesuai dengan pengumuman bank sentral nasional di Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada Agustus 2020 lalu.

"BI akan menurunkan batasan minimum uang muka dari 5-10 persen menjadi 0 persen," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam diskusi virtual beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, lanjut Onny, pihaknya akan tetap memperhatikan risiko kredit atau pembiayaan yang terjaga dengan mendorong fungsi intermediasi perbankan yang seimbang dan berkualitas.

Baca Juga: Wow Pertamina Direncanakan Jadi Produsen Baterai Kendaraan Listrik!