Helm Bukan Sembarang Helm, Punya Fitur Unik Untuk Bantu Petugas Nakes

Adi Wira Bhre Anggono - Selasa, 15 September 2020 | 09:40 WIB

Helm bernama Vihelm ini bisa mendukung petugas tenaga kesehatan agar tetap bisa memerangi pandemi tanpa kesulitan untuk makan atau sekedar menggaruk wajah yang gatal. (Adi Wira Bhre Anggono - )

Otomania.com - Melihat helm yang satu ini mungkin terlihat cocok juga untuk digunakan riding naik motor.

Eh namun jangan salah, ini bukan buat naik motor ya, tapu justru buat para tenaga kesehatan.

Helm yang diberi nama Vihelm ini diciptakan oleh tiga orang pelajar dari Vietnam yang kemudian diberi nama Vihelm.

Helm ini memungkinkan para pekerja medis garis depan yang menangani pasien virus corona untuk bisa makan snack mau pun menggaruk hidung tanpa perlu merasa khawatir terpapar virus.

Melansir New York Post, pandemi virus corona telah menyorot antara kenyamanan dan keamanan alat pelindung diri ( APD) terutama bagi mereka para pekerja yang harus mengenakan pakaian APD selama berjam-jam.

Baca Juga: Bukan Cuma Rossi, Ternyata Dua Pembalap Ini Juga Pakai Livery Helm Unik di MotoGP San Marino 2020

Untuk mengatasi masalah ini, para pelajar di Vietnam itu diberikan tantangan untuk merancang helm yang terhubung ke respirator yang tidak hanya melindungi tetapi juga memungkinkan pekerja garis depan tetap produktif lebih lama.

Sebuah kelompok pelajar akhirnya menciptakan “ Vihelm”, gabungan dari kata Vietnam dan helm.

Helm ini memiliki akses ke kotak sarung tangan sehingga pemakainya dapat memasukkan tangan mereka ke dalam dan, misalnya, mereka hendak menyeka keringat dari wajah mereka sambil menjaga helm tetap tertutup.

“Perbedaan besar helm ini adalah kotak sarung tangannya… Anda dapat menggunakannya untuk berinteraksi dengan wajah Anda dengan aman,” kata Tran Nguyen Khanh An (14), salah satu pelajar yang memenangkan “Penghargaan Desain Penemuan Terbaik” di Kompetisi Internasional Penemuan Inovasi di Kanada bulan lalu untuk desain yang mereka ciptakan.