Geram Untuk Angkut Kambing, Ambulans Desa Ditarik Wakil Bupati

Parwata - Minggu, 28 Juni 2020 | 16:44 WIB

Sebuah mobil ambulans desa digunakan untuk mengangkut kambing di Lumajang yang dunggah oleh netizen di media sosialnya (Tangkapan layar dari media sosial Wabup Lumajang) . (Parwata - )

Otomania.com - Geram setelah mengetahui mobil ambulans desa digunakan untuk mengangkut dua ekor kambing.

Terlebih lagi mobil  ambulans tersebut berasal dari program bantuan yang diberikan Pemkab Lumajang untuk masyarakat desa.

Akhirnya Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menarik ambulans milik Desa Sukorejo, Kecamatan Kunir, Lumajang, Jawa Timur tersebut.

Melansir dari Kompas.com, menurut Indah, tidak sepatutnya ambulans desa yang diperuntukan membawa orang sakit justru digunakan hal lain, apalagi mengangkut kambing.

Baca Juga: Brakk! Muka Datsun Cross Ambyar, Tabrak Ambulans Rombongan Pemakaman PDP Corona, Petugasnya Pingsan

"Ambulans desa yang digunakan untuk mengangkut kambing sementara ditarik dulu dan kepala desa akan diperiksa inspektorat," katanya, Sabtu (27//6/2020).

Tidak hanya itu, untuk menghindari kasus serupa terulang, pihaknya juga sudah menginstruksikan camat setempat untuk melakukan pembinaan.

"Nanti camat harus melakukan pembinaan, agar tidak terulang kembali kejadian yang memalukan tersebut," jelasnya.

Dijelaskan Indah, tujuan pemberian mobil ambulans kepada setiap desa itu bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan.

Karena itu, dalam penggunaannya ada aturan yang wajib ditaati dan tidak bisa sembarangan.