Mantap, Jawa Barat Wujudkan Roller Barrier Pertama Indonesia

Joni Lono Mulia - Minggu, 30 Desember 2018 | 10:03 WIB

Roller barrier di ruas jalan Cikidang-Pelabuhan Ratu Kab. Sukabumi. (Joni Lono Mulia - )

Otomania.com - Gagasan atau pemasangan roller barrirer pada beberapa jalur di Jawa barat sebelumnya dicetuskan oleh Ridwan Kamil selaku gubernur.

Alat keselamatan berupa pembatas jalan dengan dilengkapi tabung yang bisa berputar ini pertama kali direalisasikan di ruas jalan Cikidang-Pelabuhan Ratu Kab. Sukabumi.

Bisa dibilang selain pertama di Jawa Barat, pemasangan roller barrier ini juga dianggap yang pertama kali ada di Indonesia.

Beberapa fotonya diunggah oleh akun Instagram Info Jawa Barat yaitu @infojawabarat.

Baca Juga : Demi Honda BeAT, Ibu Rumah Tangga Tenteng Uang Sekarung ke Diler

Mengenai efektifitas roller barrier, nanti pembaca bisa menyaksikan video uji cobanya di akhir artikel ini.

Alat yang punya nama resmi safety rolling barrier guard rails ini sebelumnya sudah banyak digunakan pada beberapa negara.

Tabung silinder yang terpasang di pembatas jalan diandalkan untuk bisa meredam kekuatan serta mengarahkan tenaga yang ditimbulkan apabila terjadi tabrakan.

Jadi ketika ada kendaraan yang menabrak roller barrier, maka energi yang ditimbulkan akan diredam oleh tabung yang terpasang dan diarahkan sesuai bentuk pembatas jalannya.

Baca Juga : Detik-detik Bocah Teler Terobos Lampu Merah, Dua Motor Dihantam Sekaligus

 
 
 
View this post on Instagram

Yang pertama di Jawa Barat! . Berawal dari ide inovatif Bapak Gubernur Jabar @ridwankamil Alhamdulillah, Roller Barrier kini hadir di Jawa Barat utk meningkatkan keselamatan di jalan rawan kecelakaan. . Melalui Dishub Prov. Jabar, di ruas jalan Cikidang-Pelabuhan Ratu Kab. Sukabumi, telah terpasang "Roller Barrier" yaitu pagar pengaman jalan berteknologi Korea Selatan. . Semoga dengan telah dipasangnya "RB" dapat menurunkan angka kecelakaan dan korban jiwa di jalan raya. . Via from @dishubjabar

A post shared by Jawa Barat - Indonesia (@infojawabarat) on