Bukan Buat Jalan-Jalan, Mobil Sangar TNI AD Ini Dibekali Senapan Betulan

Irsyaad Wijaya - Jumat, 5 Oktober 2018 | 13:40 WIB

PJD Motoris, punya desain seperti gabungan jip dan pikap (Irsyaad Wijaya - )

Otomania.com - Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat (Dislitbangad) baru saja memamerkan kendaraan taktis baru.

Kendaraan taktis (rantis) anyar dengan nama PJD Motoris tersebut ditampilkan di gelaran Pameran Alutsista TNI di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, (27-29/9/18).

Sekilas tampangnya dari depan seperti jip dengan desain mengotak di belakang dengan bak pikap.

Tapi yang ini bukan pikap sembarangan, karena di sana ada sepucuk senapan mesin berat (SMB) Browning M2HB kaliber 12,7 mm berdiri di atas roll bar.

(BACA JUGA: Mobil Tempur yang Pernah Dinaiki Jokowi Pakai Material Pesawat)

Selain itu, yang mencolok lagi adalah pemasangan slide ramp door atau juga biasa disebut rampa, seperti yang ada di kapal pendaratan.

Fungsinya adalah untuk mempermudah mobilitas motor, karena kurang lebih nantinya PJD Motoris berfungsi sebagai ‘towing car’ untuk dua motor komando.

Indomiliter.com
PJD Motoris dilengkapi footstep guna membawa personil

Namun tak hanya bertugas sebagai pembawa motor saja, kendaraan ini juga difungsikan melakukan bantuan tembakan melalui SMB yang bisa digerakkan memakai remote.

Selain itu PJD Motoris juga dilengkapi dengan pijakan kaki (footstep) pada kedua sisi untuk mobilitas pasukan khusus dalam skenario serbuan cepat.

(BACA JUGA: Detail Kendaraan Tempur yang Ditumpangi Jokowi di Mabes TNI)