Konten Video yang Banyak Dicari Calon Pembeli Kendaraan di Internet

Irsyaad Wijaya - Rabu, 28 Maret 2018 | 15:16 WIB

Kabin Defender Project Venture (Irsyaad Wijaya - )

Otomania.com - Internet makin mudah diakses semua golongan masyarakat untuk tujuan masing-masing, termasuk dijadikan referensi membeli mobil baru. Dan ternyata, konten video menjadi tren para pencari mobil untuk memperkuat keputusan yang akan diambil.

Dari hasil riset, hal itu sangat membantu masyarakat ketika ingin menjatuhkan pilihan untuk membeli kendaraan. Yudistira Adi Nugroho, Industry Analyst Google Indonesia mengatakan, konten video yang banyak dicari calon pembeli mobil ada tiga.

"Pertama video yang menonjolkan fitur dan teknologi terbaru dari mobil yang diluncurkan. Konten video yang seperti ini yang paling banyak diproduksi produsen mobil di Indonesia," tutur Yudistira di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Lalu yang kedua, review isi interior dan eksterior. Tapi, sayangnya video lokal masih jarang. "Masih jarang produsen lokal yang memproduksi konten interior dan eksterior. Padahal tuntutannya tinggi. Sehingga orang akhirnya mencari tahu melalui konten yang dibuat di luar negeri," lanjut Yudistira.

(BACA JUGA: Tak Ada Aturan yang Melarang Bayar Pajak Kendaraan Lewat Calo, Tapi...)

Youtube/ Asean Ncap
Mitsubishi Xpander saat diuji tabrak oleh NCAP

Yang ketiga, video tentang safety test atau percobaan sebuah produk mobil saat kecelakaan dengan kondisi penumpang di dalamnya. Tapi menurut Yudistira, konten seperti ini juga masih minim buatan lokal.