Ternyata Ada Orang yang Mau Beli Mobil Bekas Kebanjiran

Fedrick Wahyu - Senin, 26 Februari 2018 | 14:10 WIB

Ilustrasi mobil terendam banjir (Fedrick Wahyu - )

Otomania.com - Salah satu kriteria orang saat membeli mlbil bekas adalah bebas banjir. Tapi, ternyata, ad saja orang yang tidak mempermasalahkan hal tersebut, karena faktor harga yang lebih murah.

Herjanto Kosasih, Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan kalau mobil bekas terendam banjir memiliki sisi positif dan negatif. "Sudah pasti dijual dengan harga sedikit lebih murah. Itu positifnya," kata Herjanto, dikutip dari KOMPAS.com.

(BACA JUGA: Mobil Mewah Bekas Harga Stabil Hanya Ada Satu Merek)

Herjanto yang juga seorang pemerhati otomotif sekaligus mobil bekas, mengatakan kalau efek mobil bekas yang pernah terendam banjir tidak akan langsung terasa. Tapi, setelah dipakai sekitar enam bulanan, barulah terlihat.

"Kalau memang sudah siap membeli mobil bekas, harus siap juga dengan biaya yang akan dikeluarkan untuk komponen yang rusak karena banjir," ujar dia.

Herjanto pun tetap menyarankan agar konsumen menghindari beli mobil bekas terendam banjir. Sebab, meski dana perbaikan tergolong murah untuk jangka pendek, tetapi efek buruk di masa mendatang bisa saja lebih besar.

"Jadi sebaiknya teliti dan usahakan jangan membeli mobil yang bekas banjir. Kalau pun tetap dibeli, harus lebih murah, dan siapkan uang untuk biaya perbaikan nantinya," ujar Herjanto.