Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali Penyebab Mobil ”Meraung” RPM Naik Sendiri, Cek Komponen Ini

Donny Apriliananda - Jumat, 23 Juni 2023 | 13:42 WIB
Ilustrasi odometer digital di mobil bekas. Kalau sudah dicurangi begini ciri-cirinya.
Otoseken.id
Ilustrasi odometer digital di mobil bekas. Kalau sudah dicurangi begini ciri-cirinya.

Otomania – Simak kasus berikut: mobil tiba-tiba ”meraung” dengan sendirinya, atau putaran mesin (rpm) meninggi, padahal pedal gas tidak diinjak.

Lalu, rpm sulit turun lagi, berakibat pada mobil menyeruduk ketika melepas kopling, atau mobil menyelonong kalau transmisinya matik.

Jika hal tersebut sedang Anda alami, sebaiknya periksakan segera ke bengkel, karena hal tersebut rawan menyebabkan mobil melaju tak terkontrol. Akibat paling buruk, terjadi kecelakaan yang berakibat fatal.

Kasus seperti ini biasanya terjadi pada mobil-mobil injeksi dengan sistem pengaturan yang sudah terkomputerisasi. Biasanya, montir menuduh kalau gejala ini akibat dari servo/ idle speed control (ISC).

Namun sebetulnya, tidak sepenuhnya komponen ini bisa disalahkan. Banyak hal lain yang membuat kinerja ISC tidak optimal.

”Kemungkinan besar memang bermasalah pada ISC, tetapi penyebabnya tidak itu saja. Pengguna yang jorok, jarang merawat mobil, biasanya mengalami hal ini,” ucap Wahyu Adrianto, mekanik kepala Gausal Motor, bengkel khusus mobil Korea di bilangan Pondok Kopi, Jakarta Timur.

Baca Juga: Cara Cek Kondisi Mobil Bekas yang Minta Ganti Filter Bensin, RPM Mesin Penting Diperhatikan

Saran awal, cek ISC, RPM cenderung tinggi, terutama ketika berhenti, bisa karena kebocoran udara atau salah satu katup servo tidak menutup karena kotoran/ kerak uap oli yang terhisap dari ruang bakar.

Bersihkan dengan lap atau cairan khusus. Jika komponen ini yang bermasalah, biaya penggantian akan cukup mahal, lebih dari Rp 3,5 juta.

Tapi jika ISC ternyata tidak bermasalah, mungkin bisa jadi karena hal berikut ini:

  1. Kurang menjaga kebersihan komponen yang seharusnya dirawat rutin. Misalnya saringan udara dan air flow sensor unit. Pastikan mengganti atau membersihkan secara teratur.
  2. Cek bagian throttle body, injektor bahan bakar, EGR Valve. Rawat dan bersihkan.
  3. Selang-selang vacuum juga harus bersih, karena tugasnya berat setiap mobil dipakai. Tersumbat sedikit saja bisa mengakibatkan komponen lain terganggu.
  4. Karena mobil masa kini banyak mengandalkan sensor-sensor, jaga kondisinya dan selalu mengecek ketika servis rutin.

Baca Juga: Pemilik Mobil Perlu Tahu, Ini Ciri Injektor Mobil Mulai Bermasalah, Siap-siap Jajan

Posted : Selasa, 22 September 2015 | 12:26 WIB| Last updated : Jumat, 23 Juni 2023 | 13:42 WIB

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa