Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mencari Jawara Akselerasi dan Konsumsi BBM 5 Compact Hatchback

Fedrick Wahyu - Rabu, 28 Februari 2018 | 08:05 WIB
Komparasi Compact Hatchback
Rianto Prasetyo
Komparasi Compact Hatchback

Otomania.com - Pada umumnya, pengguna mobil berjenis hatchback atau mungkin semua pemilik mobil akan mempertanyakan soal performa mesin saat pertama kali beli. Tak ketinggalan, soal keiritan bahan bakar.

Dua hal itulah yang dalam hal ini menjadi bahan pengetesan. Kami punya lima model yang siap beradu, yakni Suzuki Baleno, Mazda2, Toyota Yaris Heykers, Honda Jazz RS, dan VW Polo. Siapakah yang menjadi juara?

Menggunakan alat khusus, pengetesan akselerasi diukur dalam paramater 0-100 kpj. Dari sini, ketahuan kalau VW Polo dan Honda Jazz RS ternyata mencatat waktu yang sama, yakni 10,1 detik.

VW Polo dibekali mesin 1.197 cc 4 silinder turbo TSI bertenaga 105 dk dan torsi 175 Nm. Sedangkan Honda Jazz RS menggunakan mesin naturally aspirated 1.497 cc 4 silinder i-VTEC dengan tenaga 120 dk dan torsi 145 Nm.

(BACA JUGA: Toyota Bocorkan Model Baru, Bakal Pamerkan Corolla Hatchback!)

Karena pakai peranyti turbo, torsi Polo jauh lebih besar. Kapasitas mesin kecil (1.200 cc) sangat menguntungkan untuk konsumsi BBM. Pada rute dalam kota dan rute tol, VW polo mencatat 14,7 kpl dan 21,1 kpl.

Sementara Honda Jazz RS harus puas dengan angka 12,8 kpl pada rute dalam kota dan 17,2 kpl rute tol. Melihat data itu, Honda Jazz RS menjadi runner up dalam parameter performa karena konsumsi BBM VW Polo lebih baik.

Komparasi Compact Hatchback di Indonesia
Rianto Prasetyo
Komparasi Compact Hatchback di Indonesia

Di bawahnya ada Mazda2 dengan mesin 1.496 cc bertenaga 115 dk dan torsi 148 Nm yang mengandalkan teknologi SKYACTIV. Mazda2 hanya terpaut 0,5 detik dari Honda Jazz RS dan VW Polo dari sisi akselerasi. Sedangkan konsumsi BBM-nya tercatat 13,8 kpl rute dalam kota dan 18,5 kpl rute tol.

(BACA JUGA: Rekomendasi Modifikasi All New Toyota Yaris,)

Selanjutnya ada Toyota Yaris Heykers yang dibelaki mesin baru 2NR kapasitas 1.496 cc bertenaga 107 dk dan torsi 143 Nm. Mobil ini butuh waktu 11,5 detik untuk mencapai kecepatan 100 kpj. Lalu konsumsi bahan bakar di rute dalam kota dan tol masing-masing 14,1 kpl dan 18,7 kpl.

Komparasi Compact Hatcback
Rianto Prasetyo
Komparasi Compact Hatcback

Terakhir, ada Baleno yang dibekali mesin 1.373 cc bertenaga 92,4 dk dan torsi 130 Nm bertransmisi otomatis 4 percepatan, mampu meraih catatan 12 detik untuk 0-100 kpj. Sedangkan konsumsi BBM, Baleno paling unggul di rute dalam kota dengan perolehan 14,9 kpl. Sedangkan di rute tol juga sama sekali tidak buruk dengan catatan 19,9 kpl.

Beda tipis untuk konsumsi bahan bakar. Tapi soal performa akselerasi, teknologi mesin berbicara.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa