Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penjelasan Mobil Berpenggerak Roda Depan dan Belakang, Bagusan Mana?

Dok Grid - Kamis, 4 April 2024 | 17:36 WIB
Plus minus penggerak roda depan dan belakang
karimunestilo.com
Plus minus penggerak roda depan dan belakang

Otomania.com - Kalau membandingkan kelebihan dan kelemahan mobil berpenggerak depan dan berpenggerak belakang, maka tidak akan ada habisnya. Sebab kedua tipe penggerak itu punya keunggulan masing-masing.

Mobil berpenggerak depan punya keuntungan lebih efisien, karena tidak membutuhkan gardan.  "Mobil penggerak roda depan itu partnya lebih simpel," ujar Imam Priyadi, instruktur dealer Toyota Setiajaya Mobilindo di bilangan Depok, Jawa Barat.

Simpel di sini dalam artian, mobil berpenggerak roda belakang tak butuh gardan. Tanpa adanya komponen itu pada berpenggerak roda depan, maka bahan bakar yang dipakai pun semakin sedikit.

"Sehingga bensin jadi lebih irit karena langsung ke roda dan tidak melalui gardan," ujarnya.

Sedangkan mobil berpenggerak roda belakang memiliki keunggulannya tersendiri, meski sering dianggap kurang efisien atau boros bahan bakar. "Mobil penggerak roda belakang unggul saat tanjakan meski muatan banyak," ucap Imam.

Dirinya menjelaskan, hal itu bisa terjadi karena tumpuan beban di belakang dan roda juga berputar di belakang, sehingga membuat traksi ban lebih bagus.

Baca Juga: Cek Kopel Mobil Anda, Segera Ganti Jika Ada Bunyi Atau Bergetar

Mobil dengan penggerak roda depan
rentalmobilbali.net
Mobil dengan penggerak roda depan

Imam juga mengatakan kalau mobil dengan penggerak roda belakang, kondisi stir menjadi lebih enteng. Ini karena semua yang bergerak fokus di belakang, roda depan praktis hanya cuma buat belok. Part di depan juga lebih sedikit.

Imam kembali menambahkan mengenai perawatan yang lebih mudah dibanding penggerak roda depan. "Contohnya pas ganti kampas kopling, kalau penggerak roda belakang itu lebih simpel. Jadi ongkos pun lebih murah," tambahnya.

Meski penggerak roda belakang dianggap tidak efisien, ternyata memiliki keuntungan yang cukup banyak.

Jadi soal mana yang lebih bagus antara penggerak roda belakang atau depan, jawabannya adalah dua-duanya bagus, tinggal Anda lebih cocok pilih yang mana.

Baca Juga: Begini Tips dan Trik Menanjak Pakai Mobil Penggerak Roda Depan

Posted : Kamis, 4 April 2024 | 17:36 WIB| Last updated : Kamis, 4 April 2024 | 17:36 WIB

Editor : optimization
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa