Persaingan Panas "Mobil Sejuta Umat" Sepanjang Tahun

Donny Apriliananda - Rabu, 27 Desember 2017 | 18:33 WIB
Toyota Avanza
Toyota Avanza

Otomania.com - Masih belum goyah, bahwa Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) merupakan segmen terbesar di pasar otomotif nasional. Persaingan antar merek pun semakin ketat, apalagi 2017 ini ada dua pemain baru, yaitu Mitsubishi dan Wuling.

Saat ini, model yang eksis di kelas "mobil sejuta umat" ini ada Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, dan Wuling Confero. Siapa juara sepanjang tahun hinga November 2017?

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tahta wholesales (pabrik ke diler) di segmen ini masih disematkan untuk Avanza.

Baca Juga: Cari Low MPV Seken Bagus Tapi Murah? Ini Daftar Harganya

Sejak Januari hingga November 2017, LMPV jagoan Toyota itu terjual 109.529 unit. Jika dibandingkan dengan tahun lalu pada periode yang sama, avanza menurun. Saat itu pencapaiannya bisa 112.936 unit.

Di posisi kedua, ada saudara kembarnya Daihatsu Xenia. Mobil ini terjual 35.501 unit sepanjang 2017 ini. Hasil itu juga menurun jika dibandingkan tahun lalu yang mencapai 41.326 unit.

Honda Mobilio
Dok. Otomotifnet
Honda Mobilio

Paling laku ketiga adalah Honda Mobilio dengan total penjualan 33.366 unit. Sama juga jika dibandingkan tahun lalu menurun dari 37.466 unit.

Di posisi keempat, ada Suzuki Ertiga dengan total penjualan sepanjang tahun ini mencapai 32.974 unit. Angka itu meningkat dibandingkan tahun lalu hanya 28.721 unit.

Baca Juga: Waduh, Mitsubishi Xpander Mulai Dikomplain Penggunanya

Mitsubishi Xpander, dari pertama jualan sampai November 2017 terjual penjualan 8.329 unit. Sedangkan Wuling Confero 3.918 unit.

Menarik mengikuti perkembangan segmen ini tahun depan, mengingat Xpander sudah mulai normal jualan begitu juga dengan Confero. Angka persaingan sesungguhnya akan tersaji tahun depan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa