Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Fokus Operasi Lilin 2016

Aditya Maulana - Jumat, 23 Desember 2016 | 10:35 WIB

Jakarta, Otomania - Operasi Lilin rutin digelar setiap menjelang Natal dan tahun baru. Tahun ini, dimulai Jumat (23/12/2016) hingga 1 Januari 2017 di seluruh Indonesia.

Dalam keterangan tertulis, Kamis (22/12/2016) malam, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, giat yang perlu diperhatikan, yaitu mengenai keagamaan, tempat hiburan, pusat belanja, hingga arus mudik dan balik.

"Tahun kemarin saja terjadi kemacetan luar biasa, karena terlambat antisipasi. Tahun ini kami tetap fokus juga di lalu lintas," ujar Budiyanto.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, polisi lalu lintas dan anggota lainnya fokus melihat kondisi jalan dan melarang mobil parkir di bahu jalan, hingga mengawasi rest area agar tidak terlalu menumpuk.

"Kejadian seperti tahun lalu tidak boleh terulang lagi. Kami menyiapkan petugas dan cara bertindak di lapangan, dan koordinasi antar fungsi dan libtas sektoral ditingkatkan," kata Budiyanto.

Rencananya, lanjut Budiyanto apabila terjadi kepadatan di jalan tol, cara buka tutup rest area, pintu tol dan mengeluarkan ke jalan arteri disesuaikan dengan perkembangan situasi.

"Demikian juga pengaturan di tempat-tempat hiburan, buka-tutupnya disesuaikan juga," kata dia.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa