Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

AHM "Hijaukan" Indonesia Bagian Timur

Aditya Maulana - Senin, 12 Desember 2016 | 08:35 WIB

Jakarta, Otomania - Bekerja sama dengan SMKN 4 Jayapura Papua, Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) kembali melakukan aksi penghijauan. Melalui pengembangan laboratorium kultur sekolah, nantinya dapat menghasilkan bibit tanaman untuk menghijaukan Indonesia bagian Timur.

Kultur Jaringan merupakan metode pengisolasian bagian tanaman agar bisa memperbanyak diri menjadi tanaman lengkap. Bibit tanaman yang dihasilkan dapat diutilisasi untuk program penanaman pohon maupun reboisasi di Papua.

Jenis tanamannya, seperti akasia, sengon, gaharu, jati, anggrek hitam, gramatophylum, anggrek papua, jeruk jepang, kantong semar, pucuk merah, pisang, buah naga, nilam, dan krisan.

"Bibit yang dihasilkan juga telah dimanfaatkan dalam program penghjiauan di berbagai lokasi. Berangkat dari sini, kami ingin mentransfer pengetahuan ini kepada masyarakat melalui dunia pendidikan, sehingga lebih banyak pihak yang merasakan manfaat kultur jaringan ini," ujar Ketua YAHM I Putu Astawa dalam keterangan resmi, Minggu (11/12/2016).

Komitmen YAHM dalam berkontribusi mengijaukan kawasan timur ini sebelumnya telah digulirkan juga di laboratorium kultur jaringan AHM dan sekolah-sekolah pertanian dan kehutanan di berbagai wilayah.

Tahun ini, laboratorium kultur jaringan AHM telah menghasilkan 80 ribu bibit pohon. Sementara itu, sebanyak 180.000 bibit pohon telah dihasilkan dari laboratorium kultur jaringan di delapan sekolah binaan yang telah berhasil memproduksi berbagai bibit tanaman sejak tahun lalu.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa