Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Helm Ringan Bukan Berarti Murah

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 30 Agustus 2016 | 17:05 WIB

Jakarta, Otomania – Helm menjadi aksesori yang wajib dikenakan oleh pengendara sepeda motor. Helm menjadi alat pelindung kepala saat pengendara mengalami kecelakaan dan terhindar dari luka lebih parah.

Bicara helm sebagai alat pelindung, penilaian kualitas helm tidak bisa dilakukan dengan kasat mata. Banyak yang mengganggap helm bagus itu yang terasa berat dan tebal. Helm yang ringan sudah pasti jelek.

Menurut Richard Ryan, Marketing Direktur Ramo Pro Performance (RPP), produsen helm RSV, menilai helm dari bobot dan ketebalannya jelas salah. Terlebih menilai bobot yang ringan sudah pasti murah harganya.

“Helm itu semakin ringan bisa jadi semakin mahal. Merek-merek yang digunakan para pebalap profesional misalnya, bobotnya bisa kurang dari 1 kilogram,” ucap Richard pada Otomania, Senin (29/8/2016).

Bagi calon konsumen yang hendak membeli helm, pastikan kualitas helm yang akan di beli. Caranya dengan melihat apakah produk helm tersebut sudah lulus uji SNI dan DOT. Keduanya merupakan lembaga uji terpercaya untuk mendapatkan pengakuan kualitas suatu produk.

Cara lain menilai helm bisa dari bahan yang digunakan. Plastik tebal belum tentu tahan banting dan bisa pecah. Ini berbahaya untuk melindungi kepala saat terjadi benturan.

“Kalau bahan biasanya lihat mutu plastiknya. Karbon Kevlar sudah pasti lebih kuat, ringan tapi mahal,” ucap Richard.

Selain itu memilih helm pastikan kenyamanan saat dikenakan jadi yang utama.

“Memilih helm, pastikan nyaman digunakan. Jangan terlalu besar dan terlalu sempit karena dapat mempengaruhi kenyamanan saat berkendara nantinya,” tutup Richard.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa