Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sensasi Supermoto Mini "Motornya Rossi"

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 20 Februari 2016 | 09:09 WIB

Jakarta, Otomania –
Memasuki tahun 2016, Yamaha gebrak segmen sport 150cc dengan hadirkan Xabre. Sepeda motor sport bergaya naked dengan desain agresif dan bertubuh kompak ini, membuat Otomania penasaran untuk mencobanya berkendara di jalanan Ibu Kota.

Saat menaikinya pertama kali, kesan berkendara khas Supermoto langsung terasa. Setang dengan lebar 795 mm membuat dada lebih terbuka. Jarak antara badan ke setang juga cukup dekat, sehingga membuat posisi riding menjadi sedikit tegak.

Punya postur tubuh 172 cm, kaki belum menyentuh tanah dengan sempurna, namun tidak begitu jinjit. Saat berkendara, posisi pijakan kaki sedikit agak mundur ke belakang, membuat perasaan semakin  sporty. Model jok split seat dengan "coakan" khas membuat Sensasi duduk terasa mantap. Namun, bagi  yang punya postur tubuh tambun, perasaan agak "terjepit" bakal kerap menemani selama perjalanan.

Bahkan, masih dalam kesempatan test ride di jalan umum, Otomania beberapa kali menggunakan Xabre untuk rute yang lumayan (Rawamangun-Mampang-Gambir). Selama perjalanan tidak membuat tubuh terasa sangat lelah, meski dengan kondisi jalan yang padat dan macet.


Berboncengan

Setelah selesai mencoba seorang diri, Otomania coba mengajak beberapa rekan untuk suka rela menjadi penumpang Xabre. Ketika mulai naik, dua orang penumpang yang menjajal satu persatu mengomentari jok yang cukup pendek dan tidak begitu lebar.

Saat diajak berkendara, dimensi Xabre yang kompak dan terpusat pada bagian tengah membuat berkendara masih terasa nyaman. Namun, memang si penumpang akan lebih baik jika memeluk pengemudi, agar beban menjadi lebih terpusat, dan manuver menjadi stabil.

Pada bagian belakang, tepatnya dikursi penumpang, sepeda motor ini tanpa dilengkapi behel. Sehingga penumpang tidak memiliki pegangan kecuali pada pengemudi.

Motornya Rossi

Valentino Rossi, pebalap MotoGP yang didatangkan Yamaha ketika peluncuran Xabre, nampaknya berhasil melekat di benak beberapa masyarakat. Saat mengendarai Xabre di jalan umum, dan mampir di dua SPBU, terdengar beberapa orang menyebut produk ini sebagai “Motornya Rossi”.

Awalnya sedikit heran mengapa mereka menyebut seperti itu, lantas teringat bahwa ketika peluncuran di Bali¸Yamaha mendatangkan Valentino Rossi. Sehingga di beberapa media menampilkan foto Xabre bersama Rossi dalam pemberitaannya. Label ini lantas melekat oada benak sebagian maysarakat dan menjuluki Xabre sebagai "motornya Rossi".

Dimensi lengkap Yamaha Xabre
Panjang x lebar x tinggi : 1959mm x 795mm x 1065mm
Jarak sumbu roda : 1350mm
Jarak terendah ke tanah : 164mm
Tinggi tempat duduk : 805mm
Berat isi : 135 kg
Kapasitas tangki bensin : 10.2 l

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa