Jaga Kebersihan Kaliper Rem di Musim Hujan

Stanly Ravel - Selasa, 16 Februari 2016 | 13:01 WIB

Jakarta, Otomania - Rem cakram pada sepeda motor merupakan piranti yang cukup rentan terkena debu. Saat kotoran masuk ke dalam kaliper dan bersarang dengan kanvas maka bisa menimbulkan banyak masalah.

Saat musim hujan risiko kaliper dan kanvas yang kotor bisa bertambah dua kali lipat dari biasanya. Hal ini sering disepelkan oleh pemilik motor, padahal efeknya akan merugikan karena bisa mengikis lapisan cakram yang akhirnya membuat pengereman akan tidak maksimal.

"Sama seperti kotoran hujan yang melekat pada blok mesin, saat menempel di kaliper juga bisa masuk apalagi posisinya yang di bawah dan lebih terbuka," ucap Slamet Pamuji dari Selta Motor kepada Otomania, Senin (15/2/2016).

Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan melakukan pembersihan. Sebenarnya langkah ini tidak perlu sampai ke bengkel khusus, karena bisa dilakukan sendiri bila peralatan dan kunci-kuncinya lengkap.

Cukup sampai membongkar kepala kaliper lalu membersihkannya dengan sikat kawat, atau kalau mau maksimal tinggal disemprot dengan angin dari kompresor. Perlu diingat saat membersihkan kerenggangan kampas harus dijaga jangan sampai menempel karena tekanan angin akan berubah saat dipasang kembali.

"Cara membersihkanya cukup simple, tapi banyak yang yang tidak peduli. Padahal efek dari pasir hujan bisa bukan hanya bisa merusak piringan cakram saja tapi juga piston pada kaliper. Kalau sudah baret otomatis kompresi tekanan ke kampas akan berkurang, dampaknya pengereman tidak maksimal," ucapnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa