Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kelebihan Teknologi Diesel All New Kijang Innova

Agung Kurniawan - Kamis, 29 Oktober 2015 | 12:39 WIB

Jakarta, Otomania –
Dari informasi yang didapatkan Otomania, nantinya mesin All-New Kijang Innova versi diesel akan menggunakan jenis terbaru, GD Engine, menggantikan mesin diesel KD Engine. Namun memang, kubikasi akan turun, dari 2.500 cc menjadi 2.400 cc.

Salah satu teknisi diler Toyota di Ibu Kota menyebutkan, meski turun, tenaga mobil tidak berkurang, malah mengalami perbaikan. Itu adalah berkat teknologi VNT (Variable Nozzle Turbo) atau VNTs (Variable Nozzle Turbines) atau VGTs (Variable-Geometry Turbochargers) dan komponen Intercooler.

“Untuk yang diesel begitu konsepnya, ada penambahan Variable Nozzle Turbo (VNT) dan intercooler yang membuat turbo bekerja lebih maksimal,” ujar sumber itu, Rabu (28/10/2015).

VNT

Salah satu teknisi Toyota di Jakarta mengatakan, teknologi ini memiliki kemampuan untuk membuat turbo tidak hanya indah pada putaran atas, tapi juga bawah. Pada turbo biasa, kemapuannya baru bisa efektif pada putaran tinggi saja. Namun berbeda jika ada penambahan teknologi VNT ini.

“Jadi seperti itulah kurang lebih fungsi VNT pada mesin GD Engine, untuk All-New Innova yang baru akan diluncurlkan. Turbo akan bekerja tidak hanya diputaran atas, tapi sudah bisa dirasakan pada rpm rendah” ujar Sumber.

Intercooler

Selanjutnya ada intercooler, yangberfungsi untuk mendinginkan udara yang masuk ke ruang bakar. Konsep sederhana mesin diesel yaitu, solar dipertemukan langsung dengan udara di dalam mesin, kemudian dibakar atau diledakkan. Jika volume solar banyak, maka udaranya juga harus banyak (padat), agar ledakannya lebih besar. Di sinilah tugas intercooler.

“Faktanya, antara satu liter udara dingin dengan satu liter udara panas, ternyata lebih berat udara dingin. Meski volume sama, namun udara dingin memiliki bobot lebih dari udara panas. Jadi dengan udara dingin tersebut, komposisi molekul udara menjadi padat, sehingga bisa memunculkan ledakan yang besar ketika berada di ruang bakar,” kata sumber itu menjelaskan.

Dalam kondisi ini, maka hasilnya tenaga kendaraan akan semakin terdongkrak dan Turbo bersama dengan VNT-nya akan bekerja maksimal. Jadi apakah sudah berminat dengan kecanggihan dan performa mesin All-New Innova? Jika begitu lagsung saja datangi diler-diler Toyota untuk bisa bertanya lebih jauh.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa