Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Penjelasan Mesin Sepeda Motor Mati Saat Terjatuh

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 29 Juni 2015 | 09:26 WIB

Jakarta, Otomania — Saat ini teknologi sistem injeksi sudah banyak diaplikasikan di sepeda motor. Beberapa komponennya memiliki fungsi masing-masing, selain untuk membuat tunggangan menjadi lebih irit bahan bakar, hal tersebut diklaim lebih aman. Salah satunya adalah teknologi Bank Angle Sensor (BAS) yang membuat mesin sepeda motor akan secara otomatis mati ketika jatuh.

Menurut buku Jurus Kilat Jadi Montir Profesional Secara Otodidak terbitan Laskar Aksara yang dikarang oleh Asep Yulirianto, teknologi ini berfungsi berdasarkan sensor sudut kemiringan. Umumnya, sepeda motor yang menggunakan sistem injeksi dilengkapi dengan BAS. Tujuannya sebagai pengaman pada saat sepeda motor terjatuh.

Sistem kerja sensor ini, pada saat sepeda motor terjatuh dengan sudut kemiringan 55 derajat atau lebih selama minimal lima detik, sensor BAS akan mengirimkan informasi ke ECM/ECU untuk menghentikan kinerja dari fuel pump, injector, dan ignition oil sehingga mesin menjadi mati.

Namun jangan khawatir, hal tersebut tidak belaku ketika sepeda motor menikung, meski dengan sudut kemiringan yang sama. Hal itu tidak terjadi karena ada gaya sentrifugal pada saat menikung. Hal ini menyebabkan sudut kemiringan pada BAS tidak sama dengan sudut kemiringan saat sepeda motor terjatuh. Dengan demikian, mesin tetap hidup.

Penamaan teknologi ini berbeda di tiap merek. Honda misalnya menyebutnya Bank Angle Sensor (BAS), Yamaha menggunakan Lean Angle Sensor, sedangkan sensor kemiringan yang digunakan pada sepeda motor Suzuki disebut Tip Over.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa