Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Konsumsi BBM Piaggio Medley Berteknologi "i-get"

Stanly Ravel - Kamis, 15 September 2016 | 09:05 WIB

Jakarta, Otomania - Segmen skutik premium kembali ramai dengan kehadiran Piaggio Medley 150 ABS. Motor yang mengusung mesin 150 cc dengan teknologi i-get (Italian Green Experience Technology) diklaim ampuh mengolah bahan bakar lebih baik yang membuatnya bukan hanya bertenaga, tapi juga irit bahan bakar.

Berdsarakan hal tersebut, Otomania  menjajal secara singkat konsumsi bahan bakar Medley ketika digunakan dalam kota selama beberapa hari. Setelah mendapatkan unitnya, langsung odometer jarak tempuh direset hingga posisi 0 km.

Sayangnya, meski sudah dilengkapi odometer canggih, namun skutik seharga Rp 44,2 juta ini belum dilengkapi average konsumsi bahan bakar. Alhasil metode pengujian dilakukan dengan cara manual, yakni full to full.


Untuk pengisian pertama, jumlah BBM yang masuk ke tangki Medley mencapai 4,08 liter dengan biaya mencapai Rp 30.000. Setelah itu, perjalanan pun dimulai dengan satu penumpang dengan bobot 64 kg.

Pola berkendara lebih cenderung santai, namun sesekali grip gas juga dipelintir habis untuk marasakan respon dan performa atasnya. Pada jalan lenggang di malam hari, Otomania sempat membesut Medley hingga mencapai kecepatan 110 kpj.

Adanya fitur start stop engine sangat membantu Medley ketika menghadapi lampu merah yang cukup lama. Puas dua hari menjadikan Medley sebagai motor operasional dengan jarak tempuh hingga 60 km, akhirnya Otomania menyudahi pengetesan konsumsi BBM.

Jarum indikator BBM ternyata belum menyusut, hanya bergeser sedikit, dan setelah diisi ulang ternyata bahan bakar yang masuk tidak sebanyak saat awal.


Total hanya 2,106 liter bahan bakar dengan biaya Rp 17.684. Setelah dihitung, ternyata menempuh jarak 60 km menggunakan Medley tidak sampai menghabiskan BBM hingga tiga liter.

Bila dijabarkan, jarak 60 km dibagi dengan total bensin yang digunakan (2,106 L) hasilnya mencapi 28, 6 kpl. Artinya, 1 liter bensin mampu mengantarkan Medley berjalan hingga 28,6 km.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa