Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor Listrik Honda Mulai Uji Coba Kerjasama Dengan Panasonic

Irsyaad Wijaya - Selasa, 3 April 2018 | 12:15 WIB
Dirjen Perhubungan Darat kementerian Perhubungan Pudji Hartanto (tengah) bersama Direktur Pemasaran Honda
KONTAN
Dirjen Perhubungan Darat kementerian Perhubungan Pudji Hartanto (tengah) bersama Direktur Pemasaran Honda

Otomania.com - Honda mulai serius dengan sepeda motor listrik. Terbaru, mereka menggandeng Panasonic sebagai penyuplai salah satu komponennya. Proyek besar itu kabarnya akan dibuat di sejumlah kota di Indonesia yakni Bogor, Bandung, dan Bali.

Kedua perusahaan kata Harjanto, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, bersinergi kembangkan motor listrik.

Panasonic berperan sebagai industri baterai, Honda sebagai industri otomotif serta ada satu konsultan New Energy Technology Development Organization (NEDO).

"Kendaraan listrik ada sekitar 200 unit ini akan diujicoba pada semester I-2018 dengan masa uji coba enam bulan sampai satu tahun. Mereka juga akan uji kelayakan bisnisnya di Indonesia," kata Harjanto akhir pekan lalu.

Soal jumlah investasi, belum ada info mendetail. Namun Harjanto mengharapkan industri baterai bisa diproduksi di Tanah Air. Pasalnya baterai lithium yang dipakai masih impor.

(BACA JUGA: Menanti Peluncuruan Motor Listrik Dari Honda, PCX Mesin Listrik?)

Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) belum bisa memberi jawaban soal uji coba. "Saat ini kami masih melakukan evaluasi dan persiapan sesuai dengan global produk yang sudah disampaikan saat pameran di Tokyo Motor Show, Jepang," beber Thomas dikutip dari Kontan.co.id, Minggu (1/4/2018).

Pada gelaran Tokyo Motor Show, Honda kenalkan skuter matik listriknya yakni PCX EV (electric vehicle). Kabar tentang motor listrik dari Honda juga pernah dikatakan oleh Johannes Loman, Executive Vice President Director AHM, yang menyatakan kalau 2018 juga akan dipakai untuk merilis motor emisi nol.

"Di pertengahan tahun akan ada sepeda motor Hybrid dan juga di akhir tahun akan kami luncurkan sepeda motor listrik," kata Loman.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : kontan.co.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa