Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Lahirkan Mesin dan Girboks yang Lebih Canggih

Irsyaad Wijaya - Kamis, 1 Maret 2018 | 16:54 WIB
Mesin dan transmisi baru dari Toyota yang diklaim lebih efisien
Toyota
Mesin dan transmisi baru dari Toyota yang diklaim lebih efisien

 

Otomania.com – Toyota memenuhi janjinya menciptakan beberapa mesin baru yang ditarget yang beredar hingga tahun 2021. Pada 2017 lalu, sudah dipamerkan mesin bensin dan hybrid 2.5 L sekaligus dilengkapi transmisi otomatis yang 8-10 percepatan (Direct Shift-8AT & Direct Shift-10AT).

Tahun ini, lahir kembali mesin baru berkapasitas 2.000 cc konvensional, serta jenis hybrid 2.0 L yang diberi nama Dynamic Force Engine. Mesin tersebut sudah memenuhi beberapa regulasi spesifikasi termutakhir, seperti lebih efisien, torsi meningkat, serta emisi gas buang rendah.

Mesin baru tersebut mengadopsi dari Prius generasi anyar yang dikembangkan lebih canggih. Klaim Toyota, mesin bisa mengurangi rpm untuk daya maksimum, dengan mengambil energi dari baterai lebih maksimal dari sebelumnya.

Tak hanya mesin, Toyota juga mengembangkan transmisi jenis CVT baru yang mampu membuat lebih irit BBM hingga 6 persen. Dipastikan, lebih galak tarikannya dari versi sebelumnya yang masih terdapat jeda atau sedikit lemot.

Mesin Baru Serta Transmisi baru toyota yang lebih ringan dan efisien
TOYOTA
Mesin Baru Serta Transmisi baru toyota yang lebih ringan dan efisien

(BACA JUGA: Toyota Bocorkan Model Baru, Bakal Pamerkan Corolla Hatchback!)

Tak hanya itu, ada juga girboks manual 6-percepatan yang bentuknya lebih minimalis dan lebih ringan hingga 7 kg. Tapi Toyota belum memberika kepastian, di pabrik mana mesin serta transmisi tadi akan dibuat.

Konsep yang diambil masih sama sepertio sebelumnya yakni Toyota Global Architecture (TNGA). Pastinya mesin dan girboks baru serta teknologi hybrid tadi sebagai bekal untuk kemajuan ke depan yang lebih modern sampai 2030, utamanya di Amerika, Eropa, Jepang dan China.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa