Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lihat Truk Toyota "Buaya" 1964, Si Tua Keladi

Irsyaad Wijaya - Selasa, 20 Februari 2018 | 09:40 WIB
Deretan truk Toyota DA115C di Padalarang
https://cliffdamora.wordpress.com
Deretan truk Toyota DA115C di Padalarang

Otomania.com - Truk-truk berusia tua yang berseliweran di Indonesia saat ini tampak masih banyak. Asyiknya, performa juga tampak masih powerful saat dipaksa membawa beban lebih. Salah satunya di daerah tambang batu kapur Padalarang, Jawa Barat, ini.

Daerah tersebut terkenal masih banyak yang menggunakan truk tua untuk mengangkut batu kapur. Kebanyakan pakai truk keluaran Toyota, yang terkenal bandel dan kuat kaki-kakinya dan disebut Toyota Buaya.

Panggilan itu melekat mungkin karena moncong ruang mesinnya yang panjang, hingga saat membuka kap mesinnya akan terlihat seperti mulut buaya saat menganga.

Truk Toyota Buaya di Padalarang
http://indotrucker.blogspot.com
Truk Toyota Buaya di Padalarang

Angkutan kapur daerah Padalarang ini bernama asli truk Toyota da115c. Pertama kali hadir pada 1964 dan tenaganya memang badak. Terbukti bisa memanggul muatan batu kapur yang beratnya bisa berton-ton di kontur jalanan pegunungan.

(BACA JUGA: Truk Sampah Revolusiner, Dijamin Tak Bikin Bau)

Mengupas sedikit tentang kode mesinnya "da115c", huruf 'da' menunjukan arti memakai mesin diesel jenis indirect injection berkubikasi hingga 6.494 cc. Mesin tadi bisa menyemburkan tenaga sampai 130 tk.

Sesuai kode 'da' yang berarti pakai mesin diesel, da115c pakai mesin diesel indirect injection berkapasitas 6.494 cc. Untuk baknya saat itu Toyota mengklaim bisa angkut beban hingga 6 ton.

Sedangkan berat kosong truk ini sebesar 4.620 kg. Mengenai Akta lahirnya, truk ini dirakit di Toyota Koromo plant atau sekarang berganti nama menjadi Honsha plant.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa