Balap Motor Terganas di Dunia, Rossi Saja Ogah Ikut

Fedrick Wahyu - Senin, 12 Februari 2018 | 18:30 WIB
Ajang balap paling ganas di dunia, Isle of Man TT
motorcyclenews.com
Ajang balap paling ganas di dunia, Isle of Man TT

Otomania.com - Tak banyak orang yang tahu tentang balapan paling ganas dan berbahaya di dunia, yakni Isle of Man TT. Ini merupakan ajang balap yang dilaksanakan di pulau bernama Isle of Man.

Pulau itu letaknya di kawasan Inggris Raya. Sedangkan TT adalah kepanjangan dari Tourist Trophy. Isle of Man TT ini menjadi ajang tahunan yang biasanya berlangsung pada akhir Mei dan Awal Juni.

Balapan ini disebut-sebut sebagai balapan ekstrem, karena tidak dilakukan di sirkuit melainkan di jalanan umum. 

(BACA JUGA: Mengapa MotoGP Tak Pakai Alat Komunikasi Secanggih F1)

Balapan motor ini melewati jalanan kota, pedesaan, bahkan perbukitan. Hal yang membuat balapan ini makin ganas adalah pengendara harus balapan di trek yang terkadang diapit pagar, dinding batu dan bangunan.

Bahkan legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi mengakui keganasan kejuaraan ini dan menolak untuk ikut serta meski bukan sebagai peserta. Ia hanya menjajal trek Isle of Man TT pada tahun 2009.

Melansir MCN.com, Rossi hanya ikut dalam parade mengelilingi Sirkuit Snaefell Mountain Course.  "Balapan ini sangat bahaya dan tak ada tempat untuk melakukan kesalahan di sini," ucap Rossi.

(BACA JUGA: Hafizh Syahrin Disebut Sebagai Solusi oleh Bos Tech3, Apa Maksudnya?)

Balapan yang ganas ini sudah merenggut ratusan korban jiwa. Pada tahun 2016 empat pembalap tewas dalam Isle of Man TT.

Sejak pertama kali kompetisi balap sepeda motor jalan raya ini digelar, yakni tahun 1907, sudah tercatat 255 pebalap tewas. Mau tahu keganasan Isle of Man TT, simak video berikut:

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA