Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Reaksi yang Benar Saat Ban Mengambang di Atas Air atau Aquaplaning

Fedrick Wahyu - Kamis, 8 Februari 2018 | 20:00 WIB
Ilustrasi mobil melintasi genangan air
Dwi Wahyu R.
Ilustrasi mobil melintasi genangan air

Otomania.com - Di musim penghujan seperti ini, genangan air di jalan lumrah terjadi. Namun jangan remehkan genangan air ini. Sebab hal tersebut bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan yang bisa membahayakan banyak orang.

Maka dari itu diimbau untuk memperlambat laju kendaraan dan berhati-hati agar tidak terjadi aquaplanning, alias ban mengambang di atas air, tak mendapat traksi.

Gerry Rosanto, Instruktur Senior Rifat Drive Labs menjelaskan bahwa aquaplaning adalah kondisi saat keadaan ban seolah mengambang.

(BACA JUGA: Susahnya Bersihkan Interior Mobil yang Terendam Banjir)

“Mengambang karena air yang berada di alur permukaan ban terlalu banyak dan tidak dapat dibuang secara sempurna,” kata Gerry.

Maka ban pun akan kehilangan traksi. Lalu bagaimana cara agar kendaraan tak mengalami aquaplaning?

“Usahakan posisi setir tetap lurus saat dalam pengereman, kalau posisi setir lurus mobil itu akan tetap lurus saat kehilangan traksi,” ucap Gerry.

Selain posisi setir tetap lurus, usahakan jangan meng-counter setir secara tiba-tiba. Sebab, jika sudah understeer, apalagi kalau mobil tanpa ABS, maka akan sulit berhenti dan efeknya mobil bisa tergelincir.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa