Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bedanya Reverse Trike dan Delta Trike, Ini Penjelasan dari Ahlinya

Fedrick Wahyu - Kamis, 8 Februari 2018 | 08:25 WIB
Honda Vario Delta Trike Buatan RWIN Development
GridOto.com
Honda Vario Delta Trike Buatan RWIN Development

Otomania.com - Rubiyanto Hadi Pramono, salah seorang penggagas modifikasi motor roda tiga yang sudah tersertifikasi dari pemerintah, membuat dua jenis motor trike, yakni reverse trike dan delta trike.

Rubi, sapaan akrab Rubiyanto, menjelaskan perbedaan dan fungsi dari kedua jenis motor itu. Perbedaan yang paling terlihat adalah posisi dua roda pendukungnya.

Reverse trike, dua roda pendukungnya bedara di depan layaknya Yamaha Tricity dan Piaggio MP3. Sedangkan delta trike, roda pendukungnya ada di belakang mirip Viar, Dayang, dan Kaisar

Namun, kedua jenis trike ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, terutama soal handling. “Reverse trike lebih nyaman ketika digunakan, karena handling-nya mirip dengan motor konvensional roda dua,” jelas Rubi.

(BACA JUGA: Cukup Modal Segini, Motor Bisa Jadi Trike Seperti Yamaha Tricity)

Kalau delta trike, agak susah untuk diajak manuver secara mendadak, sebab roda belakang rigid atau kaku. Sehingga saat berbelok pengendara akan meresa terlempar.

Yamaha NMAX Reverse Trike buatan RWIN Development
GridOto.com
Yamaha NMAX Reverse Trike buatan RWIN Development

“Jadi kalau reverse trike itu motor yang nurut dengan kita. Kalau delta trike, kita yang harus ngikut dengan motor,” ujar Rubi.

Berbeda dengan reverse trike yang kaki-kakinya fleksibel karena sudah menggunakan teknologi tilting three wheels (TTW). Teknologi TTW ini membuat roda depan ikut miring saat berbelok sehingga motor lebih mudah diajak manuver dan mau mengikuti gerak tubuh pengendara.

(BACA JUGA: Berawal dari Hobi, Rubiyanto Mampu Produksi Motor Trike Lokal)

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa