Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penemu Mobil Berbahan Bakar Bensin Adalah Pendiri Mercedes-Benz

Fedrick Wahyu - Selasa, 30 Januari 2018 | 09:25 WIB
Replika mobil Karl Benz
Daimler.com
Replika mobil Karl Benz

Otomania.com - Mobil melaju menggunakan bahan bakar bukan tiba-tiba muncul. Ada penciptanya yang ternyata punya bakcground otomotif sangat kuat. Dia adalah pendiri Mercedes-Benz, yakni Karl Benz.

Karl Benz lahir di Karlsruhe, Jerman pada 25 November 1844, mematenkan mobil berbahan bakar bensin pada tahun 1886, tepatnya tanggal 29 Januari.

Karl Benz, penemu mesin bensin pertama di dunia
Britannica.com
Karl Benz, penemu mesin bensin pertama di dunia

Dia mendapatkan hak paten setelah mengajukan permohonan dan hak paten, lalu bisa  dibilang sebagai akte kelahiran mobil saat ini.

(BACA JUGA: Apakah Ertiga Diesel Tak Keluar Transmisi Otomatis? Ini Jawabannya)

Pada awalnya, Karl Benz menciptakan mobil dengan tiga roda dan bisa manampung dua orang termasuk sopir. Mobil ciptaannya itu hanya menyemburkan tenaga sebesar 0,75 dk dengan mesin 4 silinder.

Meski memiliki tenaga yang kecil, mobil itu sudah dilengkapi dengan slide intake otomatis, katup knalpot yang terkontrol, pengapian vibrator listrik bertegangan tinggi dengan busi, dan pendinginan penguapan air/ pendingin termo.

Replika mesin mobil berbahan bakar bensin Karl Benz
wikipedia.org
Replika mesin mobil berbahan bakar bensin Karl Benz

Lalu, pada tahun 1893, barulah Perusahaan Benz & Co. sukses menciptakan mobil dengan roda empat untuk pertama kalianya. Tahun 1899 perusahaan milik Karl Benz sudah mampu menghasilkan mobil balap pertamanya.

Kemudian Benz & Co. bergabung dengan Daimler-Motoren-Gesellschaft pada tahun 1926. Nama perusahaannya pun berubah menjadi Daimler-Benz. Daimler-Benz merupakan cikal bakal terbentuknya salah satu perusahaan mobil terbesar di dunia, yakni Mercedes-Benz.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa