Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Alasan Produsen Sepeda Motor Acuhkan Mesin Diesel

Irsyaad Wijaya - Rabu, 24 Januari 2018 | 16:05 WIB
Kawasaki M1030M1 bermesin diesel
Pinterest/ar15.com
Kawasaki M1030M1 bermesin diesel

Otomania.com - Mesin diesel yaitu pembakaran dalam yang menggunakan kompresi panas untuk menciptakan penyalaan dan membakar bahan bakar yang telah diinjeksikan ke dalam ruang bakar. Umumnya hanya terpasang di kendaraan roda empat atau lebih.

Keunggulan dari mesin diesel lebih irit bahan bakar, dan juga minim perawatan. Selain itu mesin diesel tak menggunakan busi seperti mesin bensin dalam proses pembakaran di ruang bakar. Tetapi lebih mengandalkan kompresi tinggi.

Sejak dulu banyak pertanyaan yang terngiang di benak kita, kenapa produsen motor jarang yang mengaplikasikan mesin diesel ke produknya? Jawaban itu bisa terjawab lewat sebuah produk motor berikut ini.

Sebuah Perusahaan desain dan manufaktur asal California, Amerika Serikat yang bernama Hayes Diversified Technologies (HDT) yang bereksperimen membuatya. HDT berhasil menciptakan sebuah motor bernama M1030M1 yang berbasic dari Kawasaki KLR650 tetapi mesinnya diturunkan dan diganti dengan sebuah mesin diesel.

(BACA JUGA: Mengapa Mesin Diesel Lebih Berisik dari Mesin Bensin?)

Entah, tak diketahui pasti mesin diesel apa yang digunakan akan tetapi diketahui kubikasi mesinnya hanya 611 cc dengan power sebesar 30 dk @5.700 rpm, sangat kecil powernya. Tunggu dulu alasan kenapa tenaganya hanya segitu karena memang karakter mesin diesel tak memerlukan putaran mesin yang tinggi, kuncinya hanya kompresi yang padat.

M1030M1 juga sama dengan kebanyakan mobil diesel lainnya yang terkenal irit, konsumsi bahan bakar motor ini bisa tembus 1:40. Artinya 1 liter solar bisa untuk berjalan sejauh 40 km, wah sangat irit.

Seperti kebanyakan keluhan umumnya motor diesel ini suaranya sangat berisik dan juga getaran pada rangka sangat besar, menjadikan penggunanya tak nyaman. Itulah kenapa jarang ada produsen motor yang mengaplikasikan mesin diesel di produknya.

(BACA JUGA: Mampir Sini Kalau Mau Tahu Bedanya Mesin Diesel dan Bensin)

Untuk mengenal lebih dekat dengan sosok M1030M1, langsung simak video berikut ini.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa