Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cerita G-Class, Mobil Paling Ikonik dari Mercedes-Benz

Irsyaad Wijaya - Rabu, 24 Januari 2018 | 10:25 WIB
Tampilan Asik Nan Klasik Mercedes-Benz G-Class 1990
By Brad Anderson
Tampilan Asik Nan Klasik Mercedes-Benz G-Class 1990

Otomania.com - Salah satu ikon Mercedes-benz yang ikonik adalah G-Class. Mobil ini didesain tangguh sebagai penjelajah, dengan desain yang selalu mengotak sejak awal meluncur pada 1979-an.

Sejarah mobil ini bermula dari insinyur Daimler-Benz AG yang bertemu dengan Steyr-Daimler-Puch, sang pencipta mobil amfibi "Styer" pada 1972. Mereka berencana menciptakan sebuah mobil yang bisa digunakan di segala medan (on-road dan off-road).

Lalu, proyek itu berhasil dan membuahkan mahakarya pertama yang diberi nama W 463, pertama kali mengaspal pada 1979. Saat itu, Mercy sudah memberikan beberapa pilihan seri yaitu short wheelbase Cabriolet, long wheelbase Cabriolet, dan Station Wagon dengan 4 pilihan mesin bertenaga 72 dk - 156 dk.

(BACA JUGA: Gaikindo Ancam Keluarkan Mercedes-Benz Indonesia dari Asosiasi)

Ketenaran G-Class sangat cemerlang berkat andil dari Paus John Paul II pada 1980-an yang menggunakannya sebagai kendaraan pribadi. Mobil yang digunakannya seri 230 G yang mendapatkan panggilan "Popemobile" karena bodinya yang transparan.

Bertambah lagi saat Mercedes-benz bertambah usia ke-25, seri G-Class kembali disegarkan dengan tipe baru yaitu Mercedes-AMG G 55 AMG Kompressor. Mesinnya 8-silinder bertenaga 476 dk dan torsi 700 Nm.

Sejak awal meluncur hingga akhir 2017 lalu, Mercy G-Class sudah terdistribusi ke seluruh dunia sebanyak 300.000 unit. Tak berhenti sampai di situ, akhirnya pada pertengahan Januari lalu, G-Class seri terbaru dilahirkan.

Seri ini sepertinya tak pernah lekang oleh waktu.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa