Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kapan Harus Pakai Standar Tengah atau Samping pada Sepeda Motor?

Donny Apriliananda - Selasa, 16 Januari 2018 | 13:21 WIB
Pakai standar samping jangan terlalu sering
Motorcycle
Pakai standar samping jangan terlalu sering

Otomania.com - Tampak sepele, tentang waktu penggunaan soal standar samping atau tengah pada sepeda motor. Tapi ternyata, jika timing menggunakannya kurang tepat, ada akibat yang harus ditanggung.

Kalau kata Service Advisor Yamaha Harapan Motor Sejahtera, di Depok, Jawa Barat, Muhamad Jaji, pemilik motor wajib tahu waktu dan kondisi, kapan harus pakai standar tengah, atau samping.

"Kalau kondisi motor sehabis digunakan perjalanan jauh atau dalam kondisi mesin panas, sebaiknya pakai standar tengah," kata Jaji, (8/1/2018).

(Baca Juga: Bodi Motor Baret? Nih, Cara Mudah Hilangkan Baret di Bodi Motor)

Alasannya, mencegah perubahan bentuk rangka jika sering terkena kondisi panas saat menggunakan standar samping.

Penjelasannya, saat mesin panas, rangka juga terkena panas. Apabila pengendara melakukan standar samping dalam kondisi tersebut, lama-lama ada perubahan pada rangka. Ini juga bisa berpengaruh pada engine mounting.

Perubahan bentuk rangka ini dapat dilihat dari kondisi sepatbor dan ban belakang yang terlihat tidak simetris.

Selain itu, terlalu sering menggunakan standar samping akan membuat suspensi lebih cepat bocor. "Karena bebannya hanya sebelah, jadi suspensi bisa cepat bocor," lanjut Jaji.

(Baca Juga: Bumbu Dapur Bisa Hilangkan Karat Dalam Tangki Motor)

Namun, bukan berarti penggunaan standar samping tak diperbolehkan. Standar motor jenis ini layak digunakan ketika motor berhenti tak lama, alias tidak diparkir selama berjam-jam.

Ya, banyak orang salah kaprah, atau ingin gampang, parkir motor di kantor pakai standar samping. Tidak masalah sebenarnya, namun lebih baik lagi manfaatkan standar tengah untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan kemudian hari.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa