Fakta Mengejutkan tentang Goyang Kendaraan Saat Isi BBM

Fedrick Wahyu - Kamis, 11 Januari 2018 | 17:40 WIB
Benarkah isi BBM sambil menggoyang-goyangkan kendaraan berbahaya?
Benarkah isi BBM sambil menggoyang-goyangkan kendaraan berbahaya?

Otomania.com - Sering kali kita melihat pengendara melakukan hal unik saat mengisi BBM yaitu menggoyang-goyangkan kendaraan mereka. Dalihnya, agar BBM yang masuk ke tangki lebih banyak, mengisi ruang kosong, atau sampai bisa masuk sampai ke celah-celah tangki.

Padahal kebiasaan seperti itu bisa sangat membahayakan. Menurut Sales Executive Retail Wilayah XII Pertamina, Wahyudi, semua itu sebetulnya tidak perlu dan hanya sugesti atau kebiasaan saja.

(BACA JUGA: Mitos Atau Fakta? Isi BBM Dianjurkan Pada Malam Hari)

Wahyudi juga mengatakan, menggoyangkan kendaraan saat mengisi BBM itu berpotensi menimbukan kebakaran karena ujung nosel besi ketemu dengan ujung tangki.

"Ada yang namanya listrik statis. Dua titik yang berbeda muatan, ketika ada beda muatan, ada loncatan listrik yang tidak bisa dilihat. Saat loncat ada percikan api dan itu berpotensi menimbulkan kebakaran meski kecil potensinya." ujar Wahyudi.

Menurutnya ada tiga penyebab kebakaran, pertama oksigen, jika ada oksigen maka api bisa muncul. Kedua, bahan bakar, seperti BBM yang menguap. Kemudian sumber api, sumber api ini bisa dari percikan listrik atau bisa juga hawa panas.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : Tribunnews.com,GridOto.com
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA