Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Para Ksatria Roda Dua 1.000 Cc yang Mampir di Indonesia

Irsyaad Wijaya - Selasa, 2 Januari 2018 | 08:20 WIB
CBR1000RR Fireblade
asphaltandrubber.com
CBR1000RR Fireblade

Otomania.com - Banyak peluncuran motor baru pada 2017. Bahkan tunggangan kelas superbike juga berusaha mencuri perhatian, meski harus terbelit dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang sangat tinggi.

Jika dihitung setidaknya ada dua "ksatria" 1.000 cc yang meluncur di Indonesia. Pertama, Honda CBR1000RR Fireblade, dengan mesin 4-silinder 1000 cc bertenaga 189 tk @13.000 rpm dan torsi puncak 116 Nm @11.000 rpm.

(BACA JUGA: Yamaha NMAX Berhias Tattoo Etnik Khas Borneo)

CBR1000RR fireblade ini dijual dengan dua tipe, yaitu standar ABS warna Victory Red yang dibanderol sebesar Rp 599 juta. Lalu versi SP1 dengan banderol Rp 699 juta,

Khusus varian SP, sudah dibekali suspensi Ohlins S-EC: NIX30 43mm di depan dan Ohlins TTX36 di belakang. Selain itu, bagian tangki bensin dibuat dengan bahan titanium dengan kapasitas tampung 16,2 liter.

Dari segi performa, varian SP telah disematkan Quickshifter dan Downshift Assist yang berfungsi menaikkan dan menurunkan gigi tanpa perlu menekan tuas kopling.

BMW

Superbike yang kedua adalah BMW HP4 Race, yang sesuai namanya "Race" sehingga motor ini tidak menggunakan perangkat keselamatan lalu lintas seperti motor pada umumnya, jadi memang track use only alias hanya untuk balap di sirkuit saja.

(BACA JUGA: Yamaha Siapkan Suspensi Monosok untuk Aerox 155?)

Beberapa komponen terpasang di superbike BMW ini, seperti yang ada dimotor balap World Superbike (WSBK) sekalipun. BMW Motorrad mengklaim, motor ini menjadi yang pertama di dunia yang memakai rangka dan pelek full carbon, hasilnya bobot kering motor ini hanya 146 kg.

Sektor mesin, motor ini mwnggunakan teknologi pengembangan dari versi WSBK, 999 cc 4 silinder segaris dengan tenaga maksimum 215 dk dan torsi 120 Nm.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa