Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wajib Dipilih, Mau Beli Jas Hujan atau Naik Mobil?

Donny Apriliananda - Jumat, 15 Desember 2017 | 16:30 WIB
Ilustrasi berkendara musim hujan
adiraclubmember.com
Ilustrasi berkendara musim hujan

Otomania.com – Pengendara sepeda motor yang tak siap dengan mantel/ jas hujan ibarat pasukan di medan perang yang tak membawa senjata. Saat hujan, mereka-mereka ini pasrah dan berteduh.

Tidak dilarang untuk berteduh, tapi masalahnya, kadang tempat yang dipakai berteduh mengganggu orang lain. Misalnya, underpass, kolong flyover, atau di bawah jembatan penyeberangan.

Saat mereka berkumpul untuk menunggu hujan reda, saat itu pula, jalanan macet karena harus menghindari sepeda motor yang dipastikan parkir sembarangan.

Baca Juga: Masih Berteduh di Kolong Jalan? Awas Tilang!

Ibaratnya, sudah hukum alam kalau hujan, biker kebasahan. Makanya, jas hujan menjadi penting untuk dibawa, atau dibeli untuk dipakai saat hujan.

Michael Gerald, Safety Riding Analyst diler Astra Motor, jas hujan adalah perangkat wajib berkendara yang kepentingannya sama seperti helm, sepatu, sarung tangan, dan jaket.

Jas hujan memang jarang dipakai tapi merepotkan kalau tidak ada. “Orang-orang kan tahunya helm doang, padahal itu semua perlengkapan biker,” kata Michael, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Berkendara Pakai Earphone Bisa Ditilang

Jas hujan memang bukan perlengkapan yang diberikan diler sewaktu pembeian motor baru. Jadi, setidaknya biker harus merogoh kantong lagi buat membelinya.

Tidak ada alasan buat biker tidak mau membeli jas hujan. Sebab, kata Michael, harganya di pasaran pun banyak yang lebih murah dari helm.

“Kalau mau tidak kebasahan ya naik mobil. Nah, kalau naik motor harus rela beli jas hujan. Itu kan buat keselamatan berkendara sendiri,” ujar Michael.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa