Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kampas Rem NMAX Bisa "Dikanibal" Milik Jupiter Z.

Fedrick Wahyu - Selasa, 12 Desember 2017 | 16:58 WIB
Kampas Rem Cakram Motor Habis
hargamobil88.com
Kampas Rem Cakram Motor Habis

Otomania.com - Sudah hal umum jika pabrikan membuat suku cadang yang bisa digunakan untuk model lain. Sebutannya common part. Satu suku cadang bisa dipakai banyak model.

M Abidin, GM Aftersales & Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyebutkan, common part ini biasa dilakukan pabrikan.

“Pertama, menekan biaya produksi. Semakin banyak diproduksi akan menekan harga. Alasan berikutnya memudahkan konsumen mencari produk yang sama dengan menggunakan model lain,” jelas M. Abidin, dikutip dari motorplus.gridoto.com.

Salah satu contoh common part alias komponen yang bisa tukar pakai, adalah kampas rem depan NMAX yang bisa menggunakan Jupiter-Z. Namun sebaiknya cara ini digunakan saat terpaksa saja, misalnya part masih susah dicari.

(BACA JUGA:SUV Pertama Maserati Rilis di Indonesia)

Power Nmax yang 150 cc lebih besar daripada power mesin Jupiter-Z. Hal ini bisa berpengaruh pada kekuatan kampas rem.

“Modelnya sama persis. Tak ada ubahan, bisa langsung plek di kaliper NMAX,” ungkap Dadang, mekanik di kawasan Sentra Variasi Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Menurut Dadang, prosedur penggantian kampas rem depan NMAX dengan milik Jupiter-Z ini, tak ada trik khusus. Tinggal pasang saja seperti biasa.

(BACA JUGA:Pesan Online Xmax Dibuka Lagi, Yamaha Sediakan Model 2018)

Soal harga untuk part OEM antara kampas rem depan NMAX dan Jupiter-Z, tak ada beda. Dari part catalogue yang ada di situs Yamaha Indonesia, harga keduanya Rp 75 ribu.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa