Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Builder" Indonesia Berjaya di Yokohama

Fedrick Wahyu - Senin, 4 Desember 2017 | 19:53 WIB
Yokohama Hot Rod Custom Show 2017
Yokohamahotrodcustomshow.com
Yokohama Hot Rod Custom Show 2017

Otomania.com - Yokohama Hot Rod Custom Show 2017 Jepang merupakan salah satu ajang modifikasi mobil dan motor yang cukup bergengsi di dunia. Delapan builder Indonesia eksis di sini, membawa sembilan motor modifikasi untuk adu cantik.

Dari sembilan motor yang dibawa ke sana, ada dua motor kustom yang berhasil mendapat penghargaan luar biasa.

"Dirty Majesty", salah satu motor kustom karya builder Indonesia berhasil meraih penghargaan Free Kustom Cycles Mooneyes Spain Award. Motor ini adalah karya Yayack dari Queen Lekha Choppers, Yogyakarta.

Dirty Majesty di ajang Yokohama Hot Rod Custom Show 2017 Jepang.
Otomotif.kompas.com
Dirty Majesty di ajang Yokohama Hot Rod Custom Show 2017 Jepang.

Harley Davidson Sportster menjadi basis Dirty Majesty dengan konsep Bobber. Meski nama motor mengandung kata "dirty" yang bermakna kotor, namun tidak tercermin sama sekali kesan kotor pada motornya.

Bahkan Dirty Majesty lebih terlihat berkilauan karena rangka kaki-kaki, dan beberapa bagian lain yang dilapis krom.

(BACA JUGA: inspirasi Modif, Motor Kustom Balap Retro tapi Futuristik)

Lalu, ada juga motor modifikasi berjuluk "Paing Sadewa". Motor hasil karya Puspa Kediri Custom ini berhasil merebut penghargaan Chopper Journal Awards sebagai motor terbaik menurut Chopper Jurnal.

Paing Sadewa di ajang Yokohama Hot Rod Custom Show 2017 Jepang.
Otomotif.kompas.com
Paing Sadewa di ajang Yokohama Hot Rod Custom Show 2017 Jepang.

Aya Sofia, sang builder Puspa Kediri merombak Honda CBR 250 cc 2014 untuk dijadikan Paing Sadewa. Dia mengambil konsep Boardtrack untuk karyanya kali ini. Hampir semua bagian asli dari CBR dibongkar dan hanya menyisakan mesin dan sistem pengereman saja.

Untuk membangun Paing Sadewa, Aya membuat ulang rangka, kaki-kaki, tangki, dan jok. Hal ini dilakukan agar tampilan Broadtracker makin eye catching.

Lebih ekstrem lagi, Aya mengubah sistem pembakaran CBR250RR ini menjadi sistem karburator yang semula adalah sistem injeksi. Kemudian motor ini diberi kelir hijau tosca yang makin membuatnya terlihat gagah. 

(BACA JUGA: Bagi-bagi Ilmu Modifikasi yang Benar)

Prestasi para builder lokal ini pun diapresiasi oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). di akun instagramnya @bekrafd4, ditulis "Hebat, teman-teman custom cycle builders dengan award dari Yokohama."

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa