Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Risiko Menjadi Pemburu Ranjau Paku, Nyaris Dikeroyok Orang

Azwar Ferdian - Jumat, 17 November 2017 | 13:54 WIB
Relawan Tim Saber tengah membersihkan ranjau paku, foto: Tribunnews
Relawan Tim Saber tengah membersihkan ranjau paku, foto: Tribunnews

Jakarta, Otomania - Berjasa membersihkan jalanan di Jakarta dari ranjau paku, membuat Abdul Rohim, penggagas Komunitas Relawan Sapu Bersih (Saber), harus lebih berhati-hati. Pasalnya pekerjaan ini berisiko kecelakaan dan ancaman dari pihak-pihak yang merasa bisnisnya terusik pun kerap datang.
 
Abdul Rohim beberapa kali harus berhadapan dengan orang yang berusaha mencelakainya ketika menyisir jalanan dari ranjau paku.
 
"Dari awal aktif pertama kali memungut paku di jalanan, waktu itu pernah lagi mungutin paku di jalan deket Taman Kota, saya mau dikeroyok," tutur Rohim saat ditemui di kediamannya di bilangan Pedongkelan, Cengkareng Timur, Jakarta Barat, Rabu (15/11/2017).
 
Upaya pengeroyokan itu dilakukan oleh dua orang. Keduanya berboncengan mengendarai satu sepeda motor tanpa mengenakan helm. Dari jarak yang tidak jauh dengan dirinya, para pelaku meneriakan ancaman. "Woy, lu cari mampus" ucap Rohim menirukan teriakan pelaku saat itu.
 
Teriakan itu tak dihiraukannya, Rohim mengaku terus memunguti paku-paku yang bertebaran di jalan. Para pelaku itu pun menancap gas motornya ke arah Rohim. Ketika berpapasan, pelaku yang duduk di bangku belakang berupaya menendang. "Tapi untungnya enggak kena, saya menghindar," kata Rohim.
 
Tak puas sampai di situ, pelaku itu berhenti dan menaruh motornya di tepi jalan. Kemudian, berjalan menghampirinya. "Akhirnya, saya berhadap-hadapan sama dia (pelaku), saya siap-siap saja, saya fikir yasudah kalau ini berantem jadinya," tutur Rohim.
 
Rohim mengatakan, saat itu banyak pengendara yang melintas namun tidak berani mendekat. Rohim menduga, orang-orang yang melintas di jalanan tersebut takut menghadapi para pelaku jika terlibat percekcokan. Beberapa menit terjadi adu mulut, namun akhirnya pelaku kabur melarikan diri.

Selain itu, lanjut Rohim, sekali waktu ketika melakukan penyisiran bersama dengan anggota komunitas Saber, dirinya ditabrak pengendara motor yang melintas kencang.
 
"Nabrak saya, saya jatuh ke belakang, bocor kepala saya terus dijahit 12 jahitan di kepala. Saat itu saya dibawa ke Rumah Sakit di daerah Tarakan. Tadinya pelaku mau kabur, tapi diamankan teman-teman. Akhirnya diselesaikan musyawarah," kata Rohim.
 
Sejak awal, Rohim mengakui bahwa kegiatan yang dilakukannya sangat berisiko.  Meskipun demikian, hal itu tetap dilakukan hingga kini.

"Memang risikonya selain dari pengendara lalu lintas, juga dari oknum. Anggota Saber lainnya juga mengalami teror intimidasi," ujarnya.

Editor : Azwar Ferdian
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa