Biker Sekarang Lebih Sayang Sepatu Ketimbang Kaki Sendiri

Donny Apriliananda - Selasa, 14 November 2017 | 15:33 WIB
Motor kena hujan
Motor kena hujan

Otomania.com - Curah hujan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya mulai tinggi. Kondisi seperti itu, khususnya para pengguna sepeda motor harus lebih berhati-hati, sebab potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas lebih besar.

Para biker diharapkan harus tetap berhati-hati dan tetap mengutamakan keselamatan. Tetapi, sangat disayangkan meski tidak semua, masih ada pengguna motor yang lebih sayang sepatu daripada kedua kakinya.

Saat hujan, banyak biker yang justru melepas sepatu dan menggantinya dengan sendal. Bahkan, tidak sedikit yang berkendara tanpa menggunakan alas kaki sama sekali, padahal sangat berbahaya.

Menurut Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), menggunakan sepatu saat naik motor bisa mengurangi risiko fatal ketika terjadi benturan. Misalnya, goresan menjadi tidak dalam, dan lain sebagainya.

Baca: Pakai Skutik Jangan Asal Libas Banjir

"Ketika hujan, ikut mengurangi rasa dingin yang menjalar dari telapak kaki ketimbang memakai sendal jepit, terlebih bila dibandingkan dengan tidak memakai alas kaki sama sekali," ujar Edo kepada Otomania.com, belum lama ini.

Sarannya, para biker sebaiknya menggunakan sepatu boot atau yang terbuat dari karet. Agar, tidak licin dan tetap aman selama diperjalanan.

"Jadi sepatu untuk kerja bisa juga disimpan di loker kantor atau di bagasi motor atau masih banyak cara lainnya, yang penting kaki terlindungi," kata dia.

Apalagi, sekarang sudah banyak yang menjual penutup sepatu atau cairan anti-air seperti efek daun talas. Namun, perlu diperhatikan, kalau menggunakan cover sepatu, pilih yang alasnya dari karet agar tidak licin.

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA