Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Awas Mobil Tiba-tiba "Meraung" Tanpa Injak Pedal Gas

Donny Apriliananda - Rabu, 8 November 2017 | 11:15 WIB
Mesin Ford Ecoboost 3.5 V6
Mesin Ford Ecoboost 3.5 V6

Otomania.com - Banyak kasus, mobil tiba-tiba ”meraung” alias putaran mesin mendadak tinggi meski kaki tidak menginjak pedal gas. Parahnya, gejala ini kerap muncul tanpa ada tanda-tanda. Lalu, ketika RPM sudah meninggi, sulit turun menjadi normal kembali.

Sudah bisa dibayangkan bahayanya. Jika mobil tersebut bertransmisi manual, bisa menyeruduk kalau kopling dilepas. Tapi kalau transmisinya otomatis, perpindahan gigi dari N ke D akan membuat efek bunyi dan sundulan, lalu mobil menyelonong saat pedal rem dilepas.

”Ada banyak kemungkinan kalau kasusnya seperti ini. Pada mobil injeksi dengan sistem pengaturan yang sudah terkomputerisasi, bisa di-scan menggunakan scanner untuk mencari tahu penyebabnya,” kata Rusdi Sopandi, Manajer Mekanik Misterbrum.id, belum lama ini.

Baca: Suara Mesin Bensin Mirip Diesel, Ini Penyebabnya

Rusdi pun membeberkan beberapa penyebab yang membuat permasalahan tersebut terjadi, antara lain sebagai berikut:

1. Kemungkinan besar ada masalah pada komponen servo/ idle speed control (ISC). Cek komponen ini, bisa jadi ada kebocoran udara atau salah satu katup servo tidak menutup karena kerak uap oli yang terhisap dari ruang bakar. Komponen ini cukup mahal jika sudah benar-benar rusak.

2. Bisa juga karena banyaknya kotoran pada berbagai komponen yang seharusnya dirawat rutin. Misalnya, filter udara dan air flow sensor unit. Pastikan mengganti atau membersihkannya secara teratur.

3. Bersihkan selang-selang vacuum, karena tugasnya berat setiap mobil dipakai. Tersumbat sedikit, saja mengakibatkan komponen lain terganggu.

4. Cek bagian throttle body, injektor bahan bakar, EGR Valve. Rawat dan bersihkan rutin.

5. Upayakan sensor-sensor yang ada pada mobil dijaga dengan pengecekan secara rutin. Penggunaan scanner dalam hal ini akan sangat membantu.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa