Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor Tak Dipakai Berbulan-bulan, Perlu Ganti Oli?

Donny Apriliananda - Kamis, 2 November 2017 | 15:20 WIB
Dampak Pengisian Oli Kurang Dari Takaran
Dok.M+
Dampak Pengisian Oli Kurang Dari Takaran

Otomania.com - Banyak terjadi, motor ditinggal oleh pemiliknya dengan jangka waktu berbulan-bulan. Entah karena mudik, dinas luar daerah, sampai punya motor baru. Pertanyaannya, masih sehatkah oli setelah didiamkan lama?

Banyak yang beranggapan oli akan baik-baik saja. Tapi ternyata tidak bisa "dipukul rata" demikian. Anditia Gunawan Service Advisor Yamaha Flagship Shop Jakarta, menyarankan ada baiknya oli tetap diganti dengan yang baru.

 

"Misalkan motor ditinggal sampai 3 bulan, ketika mau dipakai oli dikuras total dan diganti dengan yang baru, karena gram-gram sekecil apapun dari komponen mesin bisa saja turun dan mengendap di bawah mesin," kata Anditia.

Baca Juga: Salah Kaprah Bengkel Pinggir Jalan Saat Ganti Oli

Oli yang lama tidak digunakan dan mengendap didalam mesin tentu memiliki struktur yang berbeda, belum lagi dengan tidak dihidupkannya mesin motor terjadi banyak proses di dalam mesin.

Misalnya adanya embun yang terbentuk di dalam mesin karena kondisi cuaca yang dingin akibat motor tidak pernah dipanaskan, embun tadi akan mempengaruhi kinerja oli.

Penggantian oli dimaksudkan untuk memberikan pelumasan sempurna pada komponen mesin.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa