Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Ini Bisa Dijadikan Sumber Listrik di Rumah

Donny Apriliananda - Rabu, 25 Oktober 2017 | 16:02 WIB
Honda Clarity Fuel Cell
Aditya Maulana - KompasOtomotif
Honda Clarity Fuel Cell

Otomania.com - Jika ada mobil yang bisa sekaligus menjadi peralatan rumah tangga, dia adalah Honda Clarity Fuel Cell (hidrogen). Selain ramah lingkungan, mobil ini juga bisa digunakan sebagai genset untuk menghidupkan aliran listrik. Bahkan, yang lebih unik dapat menyalakan alat atau mesin pembuat kopi.

Mobil jenis sedan berkapasitas lima orang penumpang ini memiliki motor listrik bertenaga 130 kW (177 PS) yang menghasilkan torsi 300 Nm. Tangki hidrogen berkapasitas 141 liter apabila terisi penuh maka membuat perjalanan dapat ditempuh sejauh sekitar 750 km.

Honda juga menjual optional Power Exporter 9000 yang berfungsi mengubah Clarity menjadi sumber tenaga (generator) dengan empat roda. Alhasil, mobil dapat menyuplai listrik rumah tangga selama sepekan.

Semua perlengkapan berteknologi tinggi yang dibawa ke sedan itu menjadikan berat Clarity hanya mencapai 1.890 kg saja.

"Jadi mobil ini bisa digunakan untuk berbagai hal, yang kita coba sekarang ini untuk menyalakan mesin pembuat kopi," ucap Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy, Selasa (24/10/2017).

Keunggulan
Lebih dari itu, Clarity juga dibekali beberapa mode pengendaraan yang terdiri dari Normal, Econ, dan Sport. Mode keempat, yaitu HV mode disediakan untuk menjaga status baterai dan dapat dipilih bersamaan dengan mode Normal, Econ dan Sport.

Clarity hibdrogen ini diharapkan dapat mencetak volume penjualan tertinggi sepanjang sejarah Honda, dan dipasarkan dalam dua varian, yaitu standar dan touring.

Seri Honda Clarity menjadi yang terdepan dalam visi ”Honda Electrification Initiative” dengan tujuan menguasai duapertiga pasar global dengan produk mobil elektrik pada tahun 2030.

"Untuk Indonesia belum, karena masih banyak yang harus disiapkan, termasuk infrastruktur dan lain sebagainya," ucap Jonfis.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa