Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor Hidrogen LIPI Manfaatkan Keunggulan Honda BeAT

Donny Apriliananda - Kamis, 12 Oktober 2017 | 12:45 WIB
Konten video yang diunggah akun Twitter @Lipiindonesia tentang teknologi skuter hidrogen.
@Lipiindonesia/Twitter
Konten video yang diunggah akun Twitter @Lipiindonesia tentang teknologi skuter hidrogen.

Otomania.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang merancang skuter berbahan bakar hidrogen, menjadikan Honda BeAT sebagai basisnya. Mesin konvensional bensin dimodifikasi hingga bisa menghirup hidrogen.

Menariknya, cara kerja skuter hidrogen itu menurut koordinator kegiatan unggulan bidang energy LIPI Agus Sukarto bukan berbasis fuel-cell yang menghasilkan listrik. Hidrogen digunakan sebagai pengganti bahan bakar bensin.

“Hidrogen gas langsung dimasukan ke mesin. Hidrogen itu terbuat dari alga yang memakan zat-zat tertentu hingga menghasilkan gas. Hidrogen ditampung di canister. Gas hidrogen itu dimasukan ke pembakaran lewat konverter,” ucap Agus dikutip dari KompasOtomotif.

Menurut Agus sebenarnya motor apa saja sanggup diubah bisa meneguk hidrogen. Honda Beat yang dipilih biar dekat dengan masyarakat selain itu juga sederhana pengerjaannya.

“Keunggulannya pertama efisiensi lumayan tinggi, hidrogen juga ramah lingkungan dan tidak mengeluarkan karbon, atau sulfur. Bahan bakar itu bisa diproduksi, kalau bensin kan fosil,” ucap Agus. 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa