Ban Asal Korsel, Bisa Berputar 360 Derajat

Kamis, 12 Oktober 2017 | 12:25 WIB
Ban yang dinamai Ball Pin Tire dari Hankook yang bisa beprutar 360 derajat.
Hankook
Ban yang dinamai Ball Pin Tire dari Hankook yang bisa beprutar 360 derajat.

Otomania.com – Beberapa merek ban sudah menunjukkan keseriusan mengembangkan teknologi putar 360 derjat (berbentuk bola). Salah satu yang concern adalah produsen karet bundar asal Korea Selatan, Hankook.

Merek ini kembali menampilkan inovasi progresif terbarunya sebagai bagian dari kampanye The Next Driving Lab: perputaran 360 derajat ban yang disebut ”Ball Pin Tire".

Inilah proyek ketiga Hankook pada payung besar The Next Driving Lab sejak 2013. Tujuan menciptakan ban seperti itu dikatakan demi memberi pengalaman berkendara yang futuristik.

"Ball Pin Tire" sendiri adalah ban unik yang mampu bergerak dalam lingkaran 360 derajat penuh. Ini memungkinkan terjadinya belokan sudut kanan-kiri dan mengemudi zig-zag.

Dipadu dengan mobil satu penumpang pakai tekonologi girkoskop.
Hankook
Dipadu dengan mobil satu penumpang pakai tekonologi girkoskop.
Untuk membantu ban ini mencapai potensi penuh dari teknologi futuristiknya, Hankook Tire memasang giroskop canggih dan tiga sistem omni-wheel ke dalam kendaraan.

Giroskop dan sensor gyro mengukur dan mendeteksi sudut tiga dimensi pada kendaraan untuk menjaga keseimbangan antara badan kendaraan dan ban.

Selain itu, kontrol presisi dari tiga sistem omni-wheel memberikan kebebasan bagi pengendara untuk mengemudi secara fleksibel dalam kecepatan berapa pun.

"Kami terus berharap dapat mengadirkan inovasi baru terhadap komitmen jangka panjang memimpin industri kendaraan di masa mendatang. Caranya, mengembangkan teknologi inovatif yang melebihi batas," kata Seung Hwa Suh, Vice Chairman & CEO Hankook Tire, belum lama ini.

Kampanye The Next Driving Lab diluncurkan pada 2013 dengan meresmikan Mobil Kreatif Digital (Digital Creative Car) Hankook Tire pada jalan-jalan umum di Seoul, Korea Seatan.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA