Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali Beda Asuransi TLO dan Comprehensif

Donny Apriliananda - Jumat, 6 Oktober 2017 | 14:45 WIB
Asuransi Adira kecelakaan
Asuransi Adira kecelakaan

Otomania.com - Istilah asuransi kendaraan bermotor yang sering lewat di telinga kita pada dasarnya ada dua, yakni Total Loss Only (TLO) dan Comperehensive, atau sering disebut all risk. Sudah tahu bedanya?

Mari kita tanyakan kepada yang lebih tahu. Dalam hal ini, Iwan Pranoto, Marketing Communication and Public Relations Head Asuransi Astra dan Abdul Aziz, Product Management Department Head Adira, memberikan penjelasan singkat soal keduanya.

“TLO memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan pada kendaraan bermotor, akibat dari tabrakan, pencurian, perampasan, kebakaran, benturan, kejatuhan benda lain, perbuatan jahat, dan kecelakaan lalu lintas lainnya. Total nilai kerugian lebih besar dari 75 persen harga pertanggungan,” ujar  Abdul Aziz seperti dilansir KompasOtomotif, (25/9/2017).

Wwan pun mengatakan hal serupa, tetapi, wajib dijelaskan lebih rinci soal maksud dari 75 persen. Jadi, ketika mobil kecelakaan dan kemudian di-survey untuk diperbaiki, ternyata biayanya tidak sampai minimal 75 persen dari harga pertanggungannya (mobil), maka tidak diganti.

“Contohnya kaca spion patah, dan tertanggung hanya memiliki asuransi TLO, maka tidak diganti,” ucap Iwan.

Bagaimana dengan komprehensif? Iwan mengatakan, cakupan penggantiannya lebih luas, meliputi partial loss dan total loss.

"Kalau yang ini, menjamin risiko karena kerugian atau kerusakan sebagian dan keseluruhan, yang diakibatkan oleh semua risiko sepanjang tidak dikecualikan dalam polis,” ujar Iwan.

Aziz menambahkan, jika di Adira Insurance (penggantian di comprehensive) termasuk di dalamnya rusak karena kejatuhan benda lain, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, kecelakaan lalu lintas lainnya.

Silahkan pilih yang mana yang dibutuhkan. Tentu sarannya, jangan takut untuk bertanya sedetilnya ketika akan mengasuransikan kendaraan, agar tidak terjadi kesalahpahaman ketika sudah berjalan.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa