Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Contoh Pemotor yang Tak Menghargai Aturan

Donny Apriliananda - Jumat, 6 Oktober 2017 | 13:05 WIB
Pengendara Motor-busway
Pengendara Motor-busway

Otomania.com - Sangat mudah ditemui, masyarakat khususnya pengguna kendaraan bermotor yang melanggar aturan lalu lintas. Sebagian dari mereka bahkan tak peduli sekitar, makin ngawur sekaligus menggelikan.

Contohnya, video yang viral di Instagram, Rabu (4/10/2017) memperlihatkan puluhan pengguna sepeda motor masuk jalur Transjakarta dan mencoba keluar lagi dengan cara diangkat karena di depan banyak polisi yang berjaga.

Mereka bahkan saling bergotong-royong mengangkat motor agar keluar dari jalur Transjakarta. Menanggapi hal itu, Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) ikut angkat bicara.

Dikutip dari KompasOtomotif, Edo menuturkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat dalam menghargai aturan lalu lintas masih sangat minim.

"Semuanya kalah oleh ego individu. Keinginan mencari jalan pintas justru mengabaikan hak sesama pengguna jalan," kata Edo.

Bila melihat banyak pelanggaran di jalan, lanjut Edo masih cukup panjang perjalanan pihak terkait untuk mengedukasi pengguna jalan. "Apalagi melihat kondisi banyak pelanggaran lalu lintas yang begitu mudah dipertontonkan di jalan raya," ujar dia.

Peran Polisi
Polisi bisa lebih tegas lagi dalam menindak pelanggar lalu lintas. Tujuannya, agar timbul efek jera dan tidak mau mengulangi kesalahan. "Bila preventif sudah tidak bisa, maka tindakan tegas jalan keluarnya," ujar Edo lagi.

Bukan sekadar tegas, menurut Edo polisi juga harus konsisten, kredibel, transparan, dan tidak pandang bulu dalam menegakan aturan. Siapapun yang salah harus dikenakan sanksi sesuai dengan aturan.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa