Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Bedanya SUV dan Crossover

Donny Apriliananda - Kamis, 5 Oktober 2017 | 08:25 WIB
SUV-Crossover
SUV-Crossover

Otomania.com - Sport Utility Vehicle (SUV) memang ada turunannya, dan kini makin sering muncul di banyak media otomotif dengan banyak sebutan. Salah satunya, "crossover". Tapi tahukah Anda beda keduanya?

Crossover memang tergolong baru, dan banyak digunakan merek-merek mobil untuk mendefinisikan segmen. Menurut Dr. Yannes Martinus Pasaribu, Pengamat Desain Otomotif dari Institut Teknologi Bandung, SUV dan crossover memang identik, tapi jauh berbeda.

Jika dilihat kronologisnya, SUV awalnya dibangun dari platform mobil beban, sehingga menggunakan ladder chassis. Akibatnya bodi jadi tinggi, dan otomatis ban juga lebih besar untuk mengejar proporsi maskulinnya.

Sementara itu, crossover lebih berfokus pada struktur bodi monokok, tapi berpenampilan layaknya SUV atau kendaraan off-road. Entah dari aksesori pada atap, atau ground clearance yang dibuat sedikit lebih tinggi.

”Namun sekarang keduanya sudah melting (melebur), karena istilah tersebut seringkali dimodifikasi oleh tim pemasaran produsen dan penjualnya untuk memberikan citra kebaruan pada barang jualannya,” kata Martinus seperti dilansir KompasOtomotif, (4/10/2017).

Dia pun memberi contoh BMW yang lebih suka pakai istilah crossover dan sports activity vehicle untuk seri X1 dan X2 yang lebih manis bentuknya. Sedangkan yang lebih maskulin, mereka pakai istilah SUV, misalnya BMW X3, X4, dan X5.

Cara Membedakan
Banyak orang awam yang belum paham benar bedanya SUV dan crossover. Martinus secara sederhana memberi garis besar, bahwa dari awal memang ada dua pendapat, yakni yang menyatakan crossover adalah versi kecil atau mini dari SUV, dan kubu yang membedakannya dari sasis.

”Tapi, orang awam dapat melihatnya dari dimensi mobil. Mini SUV cenderung dinamai crossover. Contoh Ford Everest disebut SUV, sedangkan Ecosport disebut crossover. BMW X5 disebut SUV, sedangkan BMW X1 disebut crossover,” kata Martinus.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa